PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Senin, 30 November 2015

Info Gadget Terbaru Dari Tech In Asia

Info Gadget Terbaru Dari Tech In Asia


Mengenal Lebih Dekat Raspberry Pi Zero, Komputer Mungil Seharga $5

Posted: 30 Nov 2015 06:38 AM PST

Raspberry Pi, sebuah perusahaan pembuat komputer terjangkau seukuran kartu kredit baru-baru ini mengumumkan varian terbaru yang lebih mungil dan lebih terjangkau, yaitu Raspberry Pi Zero. Komputer mungil tersebut bahkan dibagikan secara cuma-cuma di dalam MagPi, majalah bulanan yang khusus mengulas dunia Raspberry Pi dan sukses terjual habis dalam waktu empat hari saja.

 

Berikut adalah tabel perbandingan antara Raspberry Pi 2 B dengan Raspberry Pi Zero.

 Raspberry Pi 2 BRaspberry Pi Zero
HARGA$35 (sekitar Rp500.000)$5 (sekitar Rp70.000)
DIMENSI85,60 x 56 x 21mm65 x 30 x 5mm
PROSESOR900Mhz1Ghz
RAM1GB512MB
MEDIA PENYIMPANANMicroSDHCMicroSD
PORT4 USB, 1 LAN, HDMI1 Mini HDMI, 2 Mini USB

Baca juga: Li-Fi, Teknologi Lampu yang Mampu Mengirim Data 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan Wi-Fi

Dari segi harga terlihat Raspberry Pi Zero jauh lebih murah dibandingkan versi sebelumnya. Begitu juga dengan dimensi Raspberry Pi Zero yang mengalami pemangkasan menjadi lebih mungil. Akan tetapi, bukan berarti kinerjanya lebih rendah.

Raspberry Pi Zero menggunakan Broadcom BCM2835, prosesor yang sama digunakan pada Raspberry Pi versi pertama, tapi dengan kecepatan yang sedikit lebih tinggi. Kemampuan grafis Raspberry Pi Zero juga diklaim 40 persen lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

Namun, ukuran mungil Raspberry Pi Zero juga berimbas pada pemangkasan sejumlah port yang ada di perangkat ini. Port Mini HDMI dan Mini USB di dalam Raspberry Pi Zero harus dikonversi terlebih dahulu dengan kabel tambahan untuk bisa digunakan.

Aksesoris Raspberry Pi Zero

Aksesoris Raspberry Pi Zero

Mini HDMI tersebut mampu mentransmisikan video kualitas 1080p 60fps. Sedangkan Mini USB bisa dihubungkan dengan USB-HUB, sehingga kamu bisa menggunakan lebih banyak perangkat USB sekaligus, seperti Wi-Fi, Keyboard, dan Mouse.

Lalu untuk apa Raspberry Pi Zero?

Ukuran Raspberry Pi Zero memang mungil, tapi tetap merupakan sebuah komputer. Raspberry Pi Zero bisa digunakan untuk berbagai hal. Misalnya radio FM mungil seperti apa yang dibuat oleh Makezin.

Perangkat ini juga bisa digunakan untuk mengubah TV kamu menjadi Home Theater sederhana menggunakan sistem operasi Raspbmc, seperti apa yang dilakukan oleh YouTuber di bawah ini.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto; Sumber gambar utama dari Raspberrypi)

The post Mengenal Lebih Dekat Raspberry Pi Zero, Komputer Mungil Seharga $5 appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...