PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Sabtu, 12 Desember 2015

Begawei

Begawei


Penuhi Aturan TKDN, Infinix Siap Gandeng Pabrik Lokal

Posted: 11 Dec 2015 07:45 PM PST

Infinix Akan Gandeng Pabrik Lokal Demi Penuhi Aturan TKDN – Salah satu vendor smartphone asing yang akhir-akhir ini cukup agresif memasarkan produk-produk barunya di Indonesia adalah Infinix. Pabrikan asal Hongkong yang sedang naik daun tersebut semakin menunjukkan keseriusannya di pangsa pasar gadget Tanah Air dengan rencananya untuk menggandeng pabrik lokal dalam merakit produknya. Rencana Infinix ini bertujuan untuk memenuhi aturan mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN yang ditarpakan oleh pemerintah.

infinix-akan-gandeng-pabrik-lokal-demi-penuhi-aturan-tkdn

Pabrikan ponsel pintar asal Hong Kong yang populer di Afrika ini berencana menggandeng pabrik atau OEM (Original Manufaturing Equipment) lokal untuk memenuhi target TKDN yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Kami sedang berdiskusi dengan pabrik lokal. Secara detail, semuanya sudah direncanakan. Infinix ingin memasuki pasar Indonesia untuk waktu yang lama, tentunya kami akan mengikuti regulasi pemerintah. Sebenarnya Infinix di negara lain, seperti Afrika dan Timur Tengah, kami memiliki pengalaman mengenai masalah seperti ini," kata Country Manager Infinix Indonesia, Marcia Sun.

"Kami memiliki tiga kelas smartphone, seri Zero untuk flagship, Note untuk middle, dan Hot untuk low. Seri Hot mengambil pangsa pasar terbesar untuk penjualan Infinix di Indonesia," lanjut Marcia.

Infinix sendiri memiliki dua produk andalan yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Infinix seri Zero dan juga Hot. Seri smartphone Infinix Hot didesain untuk pasar kelas menengah dan entry-level. Sedangkan seri Infinix Zero ditujukan untuk pasar kelas menengah ke atas.

Lebih lanjut Marcia mengatakan bahwa saat ini penjualan smartphone Infinix di Indonesia didominasi oleh seri Hot. Terakhir, mereka telah meluncurkan seri Note 2. Infinix Note 2 sendiri merupakan seri smartphone yang mengusung layar berukuran 5,9 inci dengan resolusi full HD 1080p atau 1920 x 1080 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) LCD kapasitif dengan kerapatan mencapai 368 piksel per inci. Smartphone Infinix Note 2 dipastikan telah menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan balutan antarmuka XUI.

Kedepannya, Infinix siap menghadirkan seri smartphone-smartphone terbaru dengan kerjasama dengan pabrik lokal. Meski masih terhitung baru, perlahan namun pasti produk-produk Infinix mulai menjadi pilihan gadget baru konsumen di Indonesia. Baca juga Sudah Sejauh Mana Perkembangan Mengenai  Aturan Main TKDN? dan Presiden Jokowi Resmikan Jaringan 4G Nasional.

Diresmikan Presiden, 4G Diharpakan Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Posted: 11 Dec 2015 07:32 PM PST

Presiden Jokowi Resmikan Jaringan 4G Nasional – Jumat (11/12) kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan penggunaan jaringan 4G nasional. Dengan didampingi beberapa menteri, seperti Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koordinator Polhukam Luhut Pandjaitan, Menkominfo Rudiantara dan juga Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Presiden Jokowi meresmikan penggunaan jaringan mobile generasi keempat atau 4G LTE (Long Term Evolution) untuk skala nasional.

presiden-jokowi-resmikan-jaringan-4g-nasional

Acara peresmian penggunaan jaringan 4G LTE secara nasional ini mengusung tajuk “Revolusi Digital Merevolusi Ekonomi Indonesia”.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan 4G secara nasional" kata Presiden Jokowi saat meresmikan 4G Nasional yang digelar di Museum Nasional, Jakarta.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ada lima operator besar yang terdiri dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri, Smartfren Telecom, dan juga XL Axiata yang sudah melakukan refarming penggunaan jaringan mobile 4G LTE. Tiga operator terbesar, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, serta XL Axiata akan menggunakan spektrum 800 MHz dan 1800 MHz. Sedangkan Smartfren akan menggunakan spektrum 800 MHz dan 2300 MHz.

Setelah diresmikan penggunaannya, saat ini kelima operator besar Tanah Air tersebut terus berlomba-lomba mempromosikan layanan 4G pada masyarakat agar dapat dikenal lebih luas. Tak hanya itu saja, operator seluler tersebut juga terus melakukan pembangunan jaringan untuk meningkatkan cakupan 4G LTE agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna di seluruh Indonesia.

Dalam acara peresmian penggunaan 4G secara nasional kemarin, Presiden Jokowi juga berpesan pada Menkominfo Rudiantara agar jaringan 4G LTE dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, Menkominfo juga mengatakan bahwa kehadiran jaringan 4G LTE di Jakarta merupakan janjinya pada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok. Jaringan 4G LTE diperlukan agar Ahok dapat membangun Jakarta menjadi Smart City, seperti yang digagasnya.

"Presiden tadi berpesan, tolong manfaatkan agar 4G nggak cuma buat teleponan saja, tapi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Itu sebabnya kami lebih mendoronge-commerce, bukan social media. Dengan adanya e-commerce, 4G bukan cuma pipa saja, tapi sudah ada isi pipanya," kata Menkominfo Rudiantara.

Peresmian 4G LTE merupakan bagian dari program percepatan penyediaan layanan akses broadband yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang melibatkan lima operator seluler besar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia dan juga Smartfren. Baca juga Sudah Sejauh Mana Perkembangan Mengenai  Aturan Main TKDN? dan Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan.

Tak Hanya Android, iOS Juga Rentan Serangan Malware Berbahaya

Posted: 11 Dec 2015 07:02 PM PST

iOS Ternyata Juga Rawan Serangan Malware – Tidak hanya sistem operasi Android saja yang rawan terkena serangan malware berbahaya, ternyata sistem operasi besutan Apple yakni iOS juga rentan terhadap serangan virus malware merugikan. Padahal selama ini banyak yang menganggap jika sistem operasi rancangan Apple tersebut adalah OS yang paling aman dari serangan virus. Tetapi hal berbeda diungkapkan oleh Trend Micro Q3 2015, yang membeberkan jika platform iOS juga memiliki kelemahan yang sama dengan Android. Apalagi dewasa ini virus malware semakin berkembang.

Tak Hanya Android, iOS Juga Rentan Serangan Malware Berbahaya

iOS selama ini menyatakan paling aman karena mengusung close platform sehingga dapat mengontrol semua, tapi ternyata ada kerentanan di Xcode,” kata Andreas Kagawa, Country Manager, kepada Antara News, Jumat, 11 Desember 2015, dikutip dari TeknoTempo (12/12).

Sekedar informasi, Xcode merupakan sebuah development tools yang biasanya digunakan oleh para programmer yang membuat aplikasi untuk perangkat iOS. Nah di dalam Xcode inilah peretas bisa menemukan celah keamanan yang mungkin tidak disadari oleh pengembang platform.

“Hacker memasukkan malware di Xcode yang biasa disebut Xcode Ghost. Xcode tersebut dipalsukan, padahal Xcode dipakai banyak developer untuk membangun aplikasi,” ujarnya. “Bahkan gara-gara Xcode tersebut terdapat ratusan ribu aplikasi yang ditarik dari App Store," tambah Andreas lebih lanjut.

Fakta mengejutkan juga datang dari Andreas yang mengatakan jika iOS sudah dimasuki oleh malware, maka hal tersebut lebih berbahaya daripada Android yang terkena malware. Mengapa bisa begitu?

“Android biasanya menyerang baterai yang bertujuan merusak smartphone, tapi di iOS dapat mencuri data. Bayangkan pengguna menggunakan iPhone untuk corporate data, data akan tercuri,” ucapnya.

Andreas lantas menyebutkan jika di perangkat bersistem operasi Android, celah keamanan biasanya ditemukan di Media Server. Sementara Media Server sendiri adalah program khusus Android yang memungkinkan antara pengguna satu dengan yang lainnya dapat berbagi file misalnya music, foto, gambar, dan lain sebagainya, bahkan untuk smartTv, Xbox, dan PS.

“Ternyata Media Server ditemukan kerentanan. Media Server bisa menipu pemilik smartphone untuk menginstal program yang justru ternyata merupakan software yang berbahaya,” pungkasnya. Baca juga Oukitel K10000 Hadir dengan Baterai Berkapasitas 10.000 mAh dan Xiaomi Luncurkan Redmi Note 2 Prime untuk Pasar Gadget India.

Bisnis Smartphone Semakin Turun, Samsung Tatap Bisnis Otomotif

Posted: 11 Dec 2015 06:37 PM PST

Samsung Segera Bentuk Divisi Otomotif – Bersamaan semakin sepinya bisnis smartphone Samsung, dikabarkan Samsung serius untuk berubah haluan menatap bisnis lainnya yang dinilai lebih prospektif untuk masa depan yakni otomotif. Samsung belakangan memang mengungkapkan niatnya untuk membuat divisi khusus yang menjurus pada bisnis otomotif, dan berharap dengan divisi barunya ini dapat mengatrol pendapatan perusahaan ke depannya.

Bisnis Smartphone Semakin Turun, Samsung Tatap Bisnis Otomotif

Divisi otomotif Samsung diproyeksikan akan menyediakan penjualan beragam komponen mobil, dengan produk khusus berupa perangkat multimedia, navigasi satelit, serta teknologi mobil yang akhir-akhir ini marak yaitu mobil nirawak. Untuk menjalankan divisi otomotifnya, Samsung tetap akan bersinergi dengan divisi teknologi lainnya.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (12/12), memang banyak investor dan juga para analis yang menyarankan Samsung untuk memperkuat lini bisnisnya di sektor teknologi kendaraan, selain hanya berkutat pada teknologi smartphone. Hal tersebut bukan karena tanpa alasan, sebab saat ini banyak produsen mobil berlomba-lomba memasukkan perangkat canggih ke dalam produk mobil mereka, sehingga hal ini pasti menguntungkan buat Samsung.

Kemudian alasan lainnya adalah karena saat ini potensi penjualan smartphone Samsung memang terus mengalami penurunan. Dimana prediksi pasar menunjukkan jika keuntungan ponsel mulai tahun 2015 akan terus menurun secara signifikan. Padahal bagi Samsung, bisnis smartphone adalah sebuah bisnis yang turut melambungkan namanya ke dalam jajaran teratas pabrikan teknologi dunia, sekaligus berpengaruh terhadap penambahan pendapatan perusahaan mereka secara keseluruhan.

Langkah serupa ternyata tidak akan ditempuh Samsung saja melainkan juga vendor lain yang saat ini mulai berlomba-lomba terjun untuk divisi otomotif. Mayoritas perusahaan lain juga mulai mencoba masuk ke dalam bisnis komponen otomotif software serta menyediakan layanan pelengkap dengan nilai investasi sekitar Rp 6,983 triliun.

Untuk mendukung bisnis komponen otomotifnya, Samsung telah memiliki potensi besar dengan cukup menggandeng produsen baterai Samsung Electronics SDI dan juga produsen komponen elektronik lewat Samsung Electro-Mechanics. Dengan kerja sama antara ketiga divisi ini mereka bisa bersinergi untuk berkiprah di teknologi otomotif.

Tetapi meskipun berpotensi besar terjun ke dalam industri otomotif, hal ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Samsung masih butuh beberapa tahun lagi untuk bisa menjadi raksasa teknologi otomotif dunia, karena siklus untuk industri ini berjalan cukup lamban dibandingkan pasar smartphone. Baca juga Teknologi Terbaru, Menyetir Mobil Hanya dengan Otak dan Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan.

TKDN Ponsel 4G, Apa Kabar?

Posted: 11 Dec 2015 06:22 PM PST

Sudah Sejauh Mana Perkembangan Mengenai  Aturan Main TKDN? – Saat ini beberapa vendor ponsel 4G asal luar negeri yang hendak memasarkan produknya di Indonesia, harus memenuhi standar TKDN yaitu Tingkat Kandungan Dalam Negeri, dimana untuk setiap produk luar negeri harus ada komponen atau bagian yang dibuat di Indonesia bukan lagi merupakan impor secara utuh. Lalu, sudah sejauh mana perkembangan TKDN ini? Informasi secara lebih detai dari aturan TKDN memang tinggal menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pasalnya, beberapa vendor luar seperti Samsung dan Lenovo juga telah melakukan aturan tersebut. Namun, hingga saat ini sepertinya masih sepi-sepi saja.

sudah-sejauh-mana-perkembangan-mengenai-aturan-main-tkdn

Kabarnya, dengan diberlakukan aturan TKDN ini nantinya akan menjadi salah satu jalan bagi perekonomian dalam negeri menjadi semakin kuat. Hal tersebut juga telah dibahas langsung oleh peringgi Negara yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk peraturan TKDN tersebut, perangkat ponsel dengan teknolgi 4G yang diimpor dari luar negeri telah ditentukan agar terdapat kandungan dalam negeri sebesar 30 persen dan diberlakukan mulai tahun 2017 mendatang. Dengan demikian, untuk setiap gadget berteknologi tersebut harus memenuhi kadar sebesar itu agar mendapatkan izin pemasaran di pasaran dalam negeri.

Setelah dinyatak kadar kandungan dalam negeri sebesar 30 persen, kini pertanyaan yang timbul adalah detai dari 30 persen tersebut terdiri dari apa saja? Untuk pertanyaan tersebut memang hingga kini masih belum diumumkan jawabannya oleh Kemenperin. Saat ini pihak kementerian, tengah dalam proses penyesuaian agar nantinya keputusan dapat diterima dengan baik oleh semua pihak.

Berdasarkan keterangan dari I GustI Putu Suryawirawan selaku Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Trnasportasi dan Elektronika Kemenperin pada saat peluncuran 4G LTE Revolusi Digita yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Sabtu (12/12/2015),"Rancangan TKDN saat ini terdiri dari hardware dan software. Sudah ada lima skema terkait hal itu, pertama yang 100 persen hardware dan 100 persen software," terangnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa dari skema tersebut juga diberikan komposisi berbeda perbandingan antara hardware dan software yaitu 75:25 persen, 50:50 persen lalu yang terakhir adalah 25:75 persen.

Nah, skema-skema tersebutlah yang kabarnya saat ini tengah dibahas oleh pihak-pihak yang bersnagkutan dan masih belum mencapai keputusan final. Baca juga Infinix Note 2 Belum Memenuhi TKDN dan Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan

 

Di Masa Depan Setir Mobil Cuma dengan Otak??

Posted: 11 Dec 2015 06:10 PM PST

Teknolgi Terbaru, Menyetir Mobil Hanya dengan Otak – Teknologi dari mobil pintar memang belum sepopuler teknologi dari smart TV atau beberapa perangkat canggih yang diminati oleh banyak orang. Tetapi mobil pintar buatan perusahaan papan atas seperti Google dan Apple ini akan menggempur lini mobil pintarnya.

Teknolgi Terbaru, Menyetir Mobil Hanya dengan Otak

Kedua perusahaan tersebut yakin dan optimis bahwa mobil pintar buatannya itu bisa menjadi pionir transportasi di masa depan. Selain itu, beberapa ilmuwan di China juga tengah mempersiapkan pengembangan dari mobil pintar. Pengembangan yang dilakukan oleh ilmuwan China ini berbeda dengan yang dilakukan Google maupun Apple karena mobil pintar mereka ke depannya akan dikendalikan hanya dengan pikiran manusia.

Ilmuwan tersebuat berasal dari Nankai University, Zhang Zhao. Dia berhasil membuat perangkat pembaca sinyal otak manusia untuk menentukan laju arah mobil. Perangkat yang diciptakan oleh Zhao ini memiliki fungsi yang sama dengan sistem Brain Computer Interface (BCI) yang mampu memindai pikiran manusi melalui perangkat headger khusu yang digunakan di kepala manusia. Perangkat ini memanfaatkan sebanyak 15 sensor electroencephalogram (EEG) untuk bisa menangkap sinyal dari otak pengemudinya. Barulah setelah itu ada sistem komputer buatan yang akan memilih sinyal paling relevan dan menerjemahkan sinyal tersebut ke dalam perintah untuk mengemudikan mobil. Saat ini, hasil pengembangan tersebut baru bisa digunakan untuk membuat mobil bisa berjalan maju, mundur, mengerem, mengunci dan membuka pintu.

Penemuan ini sebenarnya sebelumnya pernah dilakukan oleh para ilmuwan Artificial Intelligence (AI) dari AutoNOMOS Freie Universitaet pada tahun 2011 lalu. Mereka juga telah mendemonstrasikan teknologi yang serupa dengan hasil pengembangan dari Zhang Zhao. Tidak hanya itu saja, baru – baru ini juga muncul teknologi yang serupa dengan ini. Teknologi tersebut diperkenalkan oleh McLaren melalui konsep mobil balap Formula One yang disebut ‘MP4-X’. Dimana mobil balap tersebut menggabungkan teknologi BCI yang membuat pengemudi bisa mengendalikan mobil hanya dengan menggunakan helm yang dipakainya saja.

 

 

 

Tatap Masa Depan, Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram Touchscreen

Posted: 11 Dec 2015 06:03 PM PST

Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan – Teknologi hologram selama ini lebih dikenal sebagai obyek tiga dimensi yang tidak bisa disentuh. Tetapi hal tersebut tampaknya akan berubah, dimana sekumpulan ilmuwan yang berasal dari Jepang telah mengembangkan sebuah inovasi untuk teknologi hologram yang bisa disentuh manusia layaknya hologram di masa depan.

Tatap Masa Depan, Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram Touchscreen

Untuk merealisasikan hal tersebut, ilmuwan menggunakan sebuah rancangan teknologi yang bernama laser femtosecond yang kemudian dikembangkan sebuah sistem Fairy Light, yaitu sistem yang dapat memancarkan laser berfrekuensi tinggi, dengan kecepatan mencapai satu per satu juta miliar dalam satu detik.

Canggihnya dengan sistem teknologi tersebut, membuat sinar laser ini bisa disentuh oleh manusia, sekaligus piksel hologramnya dapat dimanipulasi di udara. Untuk saat ini teknologi tersebut masih dalam tahap pengembangan di University Center for Optical Research and Education.

Diterangkan di laman Headlines Pulse, beberapa hari yang lalu, saat disentuh di permukaan hologram tersebut akan memberikan sensasi seperti sedang memegang kertas amplas yang memiliki permukaan keras dan kasar. Dengan adanya penemuan ini, diharapkan dapat membuka perkembangan inovasi dan teknologi ke depannya. Hingga suatu hari nanti, manusia mulai bisa berinteraksi antara satu sama lain lewat sebuah hologram layaknya film-film bergenre science fiction atau Sci-Fi.

"Jika sebuah gambar visual berformat tiga dimensi dimunculkan dan Anda bisa menyentuhnya, Anda bisa membuat suatu ilustrasi visual lain menjadi lebih nyata," ucap Tsukuba, salah satu peneliti dari University Center for Optical Research and Education, dikutip dari Autotekno Sindonews, hari Sabtu (12/12).

Untuk ke depannya, hasil inovasi ilmuwan Jepang ini juga semakin memungkinkan untuk penciptaan keyboard komputer yang terbuat dari komposisi cahaya, bahkan beberapa tahun mendatang pengguna juga bisa melakukan sebuah aktivitas video chat dengan cara sentuhan virtual bersama lawan bicaranya. Teknologi hologram memang suatu teknologi yang mulai gencar dikembangkan belakangan ini oleh beberapa ilmuwan, bahkan dari hari ke hari teknologi hologram terus berkembang dari yang tidak bisa disentuh menggunakan tangan kini bisa disentuh. Teknologi hologram juga jelas akan menjadi elemen penting dalam dunia virtual di masa depan yang saat ini mulai dipersiapkan. Baca juga Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Mobile Hentikan Kecanduan Rokok dan Facebook at Work, Layanan Facebook Profesional Bakal Segera Hadir.

Lagi-Lagi Facebook, Kini Facebook Bakal Jadi Partner Kerja Kamu!

Posted: 11 Dec 2015 05:51 PM PST

Facebook at Work, Layanan Facebook Profesional Bakal Segera Hadir – Nampaknya menjelang tutup tahun 2015 dan menyambut tahun baru 2016 bukan hanya gadget saja yang semakin gencar meluncurkan produk-produk terbarunya. Bahkan penyedia layanan jejaring sosial terbesar, Facebook juga semakin agresif mengembangkan dan menciptakan layanan demi layanan baru untuk memenuhi seluruh kebutuhan penggunanya.

facebook-at-work-layanan-facebook-profesional-bakal-segera-hadir

Apabila baru-baru ini Facebook menambahkan beberapa fitur ringan seperti memperketat keamanan kemudian fitur layanan pencegahan bunuh diri. Rupanya dibelakang smeua itu telah dipersiapkan hal yang lebih spesial yaitu Facebook at Work. Selama hampir satu tahun sudah Facebook mempersiapkan layanan Facebook versi profesional ini dengan menjalani rangkaian tes dan tim mengembang memprediksikan akan melakukan peluncuran beberapa bulan mendatang.

Selain sebagai media komunikasi yang sering digunakan oleh pengguna untuk mengisi waktu luang, kini Facebook at Work hadir untuk mereka yang super sibuk dengan segala urusan pekerjaan. Karena Facebook versi ini akan hadir untuk lingkungan kerja. Memang untuk fitur-fitur dasar yang ada masih sama dengan versi regular seperti scrolling newsfeed, likes, serta layanan chatting. Namun untuk Facebook at Work hadir dengan beberapa perbedaan.

Julien Codorniou selaku Director Global Platform Partnership Facebook  mengungkapkan dalam laporan Telegraph yang dilansir dari halaman Okezone Tekno, Sabtu (12/12/2015),"Anda tidak bisa bermain Candy Crush di Facebook at Work," katanya.

"Saya akan mengatakan 95 persen dari apa yang kami kembangkan di Facebook juga untuk Facebook at Work," tambahnya.

Dengan adanya hal tersebut, nantinya pengguna Facebook at Work akan menggunakan profil khusus, bukan lagi sama dengan profil yang ada pada Facebook versi regular yang sudah ada saat ini. Tak hanya itu saja, Facebook juga telah melakukan pengembangan dari produksi yang lebih eksklusif dan professional bagi Facebook at Work yaitu dengan adanya pengembangan pada security tool.

Pengujian Facebook at Work versi beta ini telah dimulai sejak bulan Januari 2015 lalu dengan konsep tanpa biaya atau gratis dan diberlakukan konsep demngan layanan invite-only untuk sementara ini. Namun, kabarnya layanan tersebut akan dapat dipergunakan secara komersial bagi perusahaan-perusahaan ketika sudah dilekuakan launching. Untuk hal ini, Facebook akan membuatnya berbayar dengan metode per-bulan bagi setiap pengguna yang menggunakan layanan kelas premium seperti analitik dan costumer support. Baca juga Facebook Lakukan Pembaruan Bisa Diakses Offline dan Fitur Security Checkup dari Facebook Telah Meluncur untuk Pengguna Android

Wow, Facebook Bisa Diakses Offline!!

Posted: 11 Dec 2015 05:44 PM PST

Facebook Lakukan Pembaruan Bisa Diakses Offline – Kabar gembira bagi pengguna setia Facebook, pasalnya Facebook kembali melakukan pembaruan untuk penggunanya. Pembaruan yang baru saja dirilis ini memungkinkan bagi pengguna Facebook yang sedang tidak terkoneksi dengan internet tetap bisa mengakses Facebook.

Facebook Lakukan Pembaruan Bisa Diakses Offline

Beberapa fitur terbaru juga dihadirkan Facebook melalui pembaruan ini, salah satunya adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk  melihat News Feed terbaru meskipun koneksi internet mati atau tidak stabil. Hal ini diberikan Facebook lantaran banyaknya daerah yang masih menggunakan jejaring sosial ini hanya dengan koneksi 2G. Selain itu banyaknya pengguna Facebook yang mengakses News Feed juga menjadi alasan dari pembaruan ini. Hal yang paling menarik lagi yaitu Facebook memberikan kemudahan kepada pengguna untuk bisa ikut berkomentar pada post saat kita mengakses News Facebook dalam keadaan offline.

Dalam keterangannya Facebook menjelaskan bahwa perubahan ini akan membantu bagi siapapun yang sedang berada dalam jaringan internet buruk. Termasuk ketika konektivitas jaringannya bagus tetapi berada di tempat yang terbatas seperti ketika berada di terowongan.

Untuk menggunakan fitur terbaru ini, Facebook telah mengembangkan algoritma baru. Dan melalui algoritma tersebut nantinya News Feed yang ada di timeline tetapi belum dilihat oleh pengguna akan terunduh. Dari sana, daftar News Feed yang belum dilihat akan diurutkan berdasarkan relevansi. Daftar News Feed tersebutlah yang nantinya akan diakses oleh pengguna saat offline. Dan ketika pengguna kembali online, maka daftar News Feed akan diperbarui secara otomatis. Sama halnya dengan fitur komenar dan like di sebuah post yang dilakukan secara offline. Komentar dan like tersebut akan disimpan terlebih dahulu saat pengguna offline, dan ketika pengguna dalam keadaan online maka secara otomatis komentar dan like akan diunggah ke kolom komentar.

Tapi, fitur baru dan pembaruan tersebut belum bisa dinikmati oleh pengguna Facebook. Saat ini, masih dalam tahapan uji coba yang nantinya akan diluncurkan secara bertahap. Selain itu, bagi pengguna Facebook yang akan memberikan tanggapan terhadap fitur baru ini dipersilahkan oleh Facebook.

Mahasiswa Kedokteran Ciptakan Aplikasi untuk Perokok Berat

Posted: 11 Dec 2015 05:36 PM PST

Mahasiswa Ciptakan Aplikasi Mobile Hentikan Kecanduan Rokok – Untuk semua penikmat rokok di dunia ini, berhenti merokok merupakan hal yang paling sulit untuk dilakukan. Menyadari akan masalah yang dihadapi oleh pecandu rokok tersebut, membuat sekelompok mahasiswa jurusan kedokteran berinisiatif membuat sebuah aplikasi mobile yang dapat membantu perokok untuk berhenti merokok.

Mahasiswa Kedokteran Ciptakan Aplikasi untuk Perokok Berat

Aplikasi tersebut dirancang dengan metode yang cukup istimewa, dimana menggunakan cara unik dengan menggabungkan dua unsur yaitu game dan video demi membantu pecandu rokok berhenti menghisap rokonya. Untuk softwarenya sendiri menggunakan software elemen cognitive behavioural therapy (CBT), yakni software yang berisi pembicaraan populer yang bisa membantu mengubah cara pandang serta pemikiran hingga mempengaruhi tindakan penggunanya.

Aplikasi ini juga satu-satunya aplikasi yang secara khusus menyasar segmen perokok untuk menghentikan aktivitasnya tersebut. Demi menciptakan aplikasi yang nyaman digunakan, perancang menyertakan aplikasi dengan beberapa fitur menarik seperti game untuk mencari target pribadi, serta mengontrol tingkat kemajuan pengguna dengan sebuah video animasi yang menampilkan sosok dokter pribadi.

Salah seorang mahasiswa kedokteran dari Imperial College London, bernama Yusuf Sherwani, yang turut mengembangkan aplikasi ini mengungkapkan bahwasanya sebagai mahasiwa kedokteran hampir setiap hari dia mengahadapi situasi dengan pasien korban merokok, dimana kebanyakan pasien ingin berhenti merokok, namun tidak memiliki dukungan apapun untuk membantunya berhenti merokok.

"Kami sangat berharap aplikasi ini hadir sebagai solusi dan mengubah dukungan yang tersedia bagi mereka. Kami percaya itu bisa menjadi pengganti game," ujarYusuf, dikutip dari Mirror, hari Sabtu (12/12).

Proyek pengembangan aplikasi tersebut rencananya mulai dipresentasikan di ajang ilmiah bertajuk British Thoracis Society Winter Meeting yang bertempat di London, Inggris.

Sementara menanggapi penemuan sejumlah mahasiswa kedokteran ini, seorang dokter dari konsultan spesialis paru dan ketua dari British Thoracic Society Tobacco Special Advisory Group, yang bernama Dr Sanjay Agrawal, sangat mengapresiasi temuan yang mereka inisiasi.

"Ini benar-benar prototype yang sangat menarik dan kami berharap lebih lanjut bisa melihat perkembangannya. Saya suka ide kombinasi teori prilaku kognitif yang dikombinasikan dengan kekuatan menyenangkan dalam game berhenti merokok," terang Sanjay. Baca juga Penelitian Membuktikan Kinerja SMS dan Telepon Ponsel Jadul Lebih Baik dan Fitur Security Checkup dari Facebook Telah Meluncur untuk Pengguna Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...