PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Senin, 14 Desember 2015

Begawei

Begawei


Dipasarkan Global, Ini Harga HTC Desire 828 Dual

Posted: 13 Dec 2015 10:33 PM PST

HTC Desire 828 Dual Dijual Rp 4,1 Jutaan untuk Pasar Global – HTC memulai global shipping atau pemasaran untuk flagship Desire 828 Dual. Negara pertama yang akan dituju oleh HTC Desire 828 Dual adalah India. Hal ini semakin menegaskan bahwa India kini menjadi salah satu kiblat di pasar gadget dunia untuk kawasan Asia Barat dan sekitarnya. HTC akan mengikuti jejak pabrikan besar lainnya seperti Microsoft dan juga Samsung yang memilih Negeri Bollywood itu sebagai tujuan pemasaran global produk smartphone andalannya.

htc-desire-828-dual-dijual-rp-4-1-jutaan-untuk-pasar-global

Seperti diketahui, sebelumnya seri smartphone flagship HTC Desire 828 Dual telah diluncurkan untuk pasar lokal Tiongkok dan Taiwan. Untuk India, smartphone canggih itu dijual dengan banderol harga sekitar USD300, atau setara dengan Rp 4,1 juta.

"HTC Desire 828 Dual SIM memberikan top-tier pencitraan dan fitur-fitur canggih pada harga yang Anda sukai. Kami bangga untuk mengungkap HTC Desire pertama yang dilengkapi fitur Optical Image Stabilization di kamera utama dan HTC UltraSelfie untuk pengalaman imaging yang luar biasa dan tak tertandingi untuk selfie," ungkap Faisal Siddiqui, President HTC South Asia, dalam keterangannya.

"Dengan HTC Desire 828 Dual SIM, kami memberikan pengalaman yang indah dan personal kepada pelanggan kami," lanjutnya.

Seperti dilansir oleh laman GSM Arena (12/12), smartphone HTC Desire 828 Dual dibekali dengan spesifikasi yang cukup gahar. Perangkat pintar dari keluarga HTC Desire ini dibekali dengan dukungan layar sentuh berukuran 5,5 inci yang memiliki resolusi HD 1080p atau 1920 x 1080 piksel, serta kerapatan mencapai 401 piksel per inci. Layar tersebut merupakan jenis layar dengan panel IPS atau In-Plane Switching kapasitif. HTC Desire D828 ini akan berjalan pada sistem operasi Android versi 5.1 Lollipop dengan balutan antarmuka HTC Sense 6.0 UI.

Kelebihan utama yang ditawarkan oleh smartphone HTC Desire 828 Dual ini adalah sektor kamera yang diperkuat oleh kamera belakang dengan resolusi 13 MP lengkap dengan fitur autofokus. Kamera tersebut juga diperkuat dengan sensor BSI (BackSide Illuminated) aperture f/2.2 yang dilengkapi dukungan OIS (Optical Image Stabilization) dan LED Flash. HTC Desire D828 pun juga dipersenjatai dengan kamera depan berukuran 5 MP yang sudah bisa memenuhi keperluan video call dan foto selfie. Baca juga Microsoft Lumia 850 Honjo Hadir dengan Kekuatan Kamera 10MP PureView dan Blackphone 2, Ponsel Teraman di Dunia Telah Membuka Pemesanan.

Versi Render Lumia 850 Honjo Muncul, Andalkan Kamera 10MP PureView

Posted: 13 Dec 2015 09:55 PM PST

Microsoft Lumia 850 Honjo Hadir dengan Kekuatan Kamera 10MP PureView – Microsoft nampaknya mulai agresif melancarkan serbuan handset terbaru ke pasar smartphone dunia. Setelah memasarkan seri flagship Lumia 950 dan juga Lumia 950XL untuk pasar di luar Amerika, kini Microsoft tengah bersiap meluncurkan seri smartphone terbarunya.

microsoft-lumia-850-honjo-hadir-dengan-kekuatan-kamera-10mp-pureview

Belum lama ini beredar foto penampakan sebuah smartphone terbaru dari keluarga Lumia yang diduga kuat adalah seri Microsoft Lumia 850. Smartphone Lumia ini diklaim juga akan mengusung nama sandi Honjo. Ponsel pintar ini tampak mengusung desain yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan seri Microsoft Lumia 950 yang memiliki sudut yang lebih bulat.

Smartphone Lumia 850 Honjo nampaknya akan dibalut dengan casing bermaterialkan bahan polikarbonat dan menggunakan frame berbahan metal. Berdasarkan foto yang beredar, Lumia 850 Honjo akan tersedia dalam beberapa varian warna, yakni White Gold, Black Rose Gold, dan juga Black Grey.

Seperti dilansir oleh laman GSM Arena (12/12), Microsoft Lumia 850 Honjo kabarnya akan mengandalkan layar sentuh berukuran 5 inci yang mengusung resolusi HD 1280 x 768 piksel dengan kerapatan layar mencapai 300 piksel per inci. Layar tersebut merupakan panel layar jenis AMOLED kapasitif dengan teknologi ClearBlack. Layar smartphone Microsoft Lumia 850 ini juga akan dilindungi oleh Gorilla Glass 3, serta menggunakan sistem operasi Windows Phone 10 Mobile.

Soal performa, Microsoft Lumia 850 Honjo dibekali dengan spesifikasi teknis setara dengan smartphone kelas menengah. Ponsel pintar yang satu ini mengandalkan sokongan tenaga dari chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang mengusung prosesor quad-core ARM Cortex-A53 64-bit berkecepatan 1,4 GHz. Piranti itu akan ditandemkan dengan memori RAM sebesar 1 GB dan kartu pengolah grafis dari Adreno 306.

Sementara untuk sektor fotografi, Microsoft Lumia 850 Honja dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 10 MP lengkap dengan teknologi PureView serta ZEISS Optic. Kamera tersebut juga dilengkapi dengan autofokus dan juga LED Flash. Sedangkan untuk bagian depan, Microsoft menyematkan kamera sekunder berkekuatan 5 MP.

Spesifikasi teknis lainnya yang ada pada smartphone ini adalah baterai 2.650 mAh, koneksi 4G LTE serta memori internal 16 GB yang masih didukung oleh slot microSD eksternal yang bisa diekspansi hingga 128 GB. Baca juga Infinix Akan Gandeng Pabrik Lokal Demi Penuhi Aturan TKDN dan Presiden Jokowi Resmikan Jaringan 4G Nasional.

Di Masa Depan Isi Baterai Ponsel Bisa Menggunakan Urine

Posted: 13 Dec 2015 08:47 PM PST

Ilmuwan Kembangkan Inovasi Pengisian Baterai Ponsel dengan Urine – Dewasa ini perkembangan dunia teknologi memang mengalami kemajuan cukup pesat. Tak terkecuali dengan perkembangan teknologi smartphone yang kian hari kian maju. Termasuk dalam hal baterai atau listrik sebagai sektor vital dalam pengisian daya sebuah smartphone. Yang terbaru, saat ini para peneliti dikabarkan tengah berinovasi mengembangkan teknologi pengisian daya baterai dengan menggunakan urine. Ke depannya, inovasi ini bakal terus berkembang hingga mampu menggeser peran powerbank sebagai portable charger sebuah smartphone.

Di Masa Depan Isi Baterai Ponsel Bisa Menggunakan Urine

Dikutip dari harian Metro.co.uk, untuk pengoperasian kinerja dari alat ini terhitung 'nyeleneh', dimana alat ini akan menggunakan media kaos kaki. Caranya, alat ini akan menciptakan energi ketika urin dipompa oleh penggunanya saat berjalan. Tim peneliti yang bermarkas di Bristol Bioenergi Pusat, Universitas Inggris Barat tersebut telah menanamkan kaos kaki dengan sel bahan bakar nikroba miniatur (PMF).

Sistem canggih tersebut juga dinilai cukup berhasil ketika menuju papan transmisi nirkabel, serta sanggup mengirimkan pesan setiap dua menit kepada penerima dengan pengendalian komputer. Salah seorang pemimpin tim pengembang, Profesor Ioannis Ieropoulos, berujar jika penelitiannya saat ini semakin membuka peluang di masa mendatang untuk kemungkinan menggunakan urin sebagai sumber daya perangkat.

“Setelah didukung ponsel dengan PMF menggunakan urine sebagai bahan bakar, kami ingin melihat apakah kita bisa meniru keberhasilan ini dalam teknologi yang bisa dipakai,” tuturnya, dilansir dari portal Viva.co.id, hari Senin (14/12).

Ioannis juga mengutarakan jika saat ini teknologi pengisian baterai ponsel dengan menggunakan urin masih akan terus dikembangkan. Dia bersama dengan tim yang dipimpinnya, juga berharap sistem yang ada saat ini bisa berkembang jauh lebih mandiri. Selain itu juga bisa berfungsi dengan benar-benar mengandalkan pada tenaga manusia, lewat urine sebagai bahan bakar dan juga kaki sebagai pemompanya.

“Karya ini membuat kemungkinan penggunaan limbah untuk menyalakan elektronik portabel dan dapat dipakai,” tambah Ioannis lagi.

Penelitian tersebut rencananya akan diterbitkan dalam sebuah jurnal Bioinspiration dan Biomimetics. Sedangkan Bristol Bioenergi Pusat, akhir-akhir ini juga baru saja merilis sebuah inovasi bernama urinoir prototype bersama Oxcam dengan fokus menciptakan model pencahayaan di kamp pengungsi menggunakan media urine. Baca juga Blackphone 2, Ponsel Teraman di Dunia Telah Membuka Pemesanan dan Teknolgi Terbaru, Menyetir Mobil Hanya dengan Otak.

Banggakan iPad, Bos Apple Ejek Laptop Google

Posted: 13 Dec 2015 08:17 PM PST

Google Chromebook Jadi Bulan-bulanan Tim Cook – Setelah sebelumnya mengejek perangkat Microsoft Surface Book, beberapa bulan lalu. Kini CEO Apple, Tim Cook, kembali berulah. Yang paling baru, Cook mencibir habis-habisan laptop murah Google, yakni Chromebook.

Banggakan iPad, Bos Apple Ejek Laptop Google

Dari petikan wawancaranya bersama Buzzfeed, Jumat, (11/12) yang lalu, petinggi Apple tersebut mengatakan jika laptop buatan Google, hanyalah rangkaian mesin yang dirancang untuk ujian sekolah saja tidak lebih. Sebenarnya apa yang diungkapkan oleh Cook hanyalah bentuk kekesalannya karena perlahan tapi pasti, Google Chromebook telah menggeser posisi Apple iPad sebagai media untuk membantu proses pendidikan di negara Amerika Serikat.

Cook juga kembali mengatakan, meskipun Google Chromebook dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah namun hal itu tidak disertai dengan dukungan performa yang juga mumpuni. Penerus Steve Jobs tersebut mengatakan, jika produk-produk yang dikeluarkan Apple jauh lebih baik untuk pendidikan di Amerika Serikat. Apalagi produk Apple sudah lebih dulu dikenal akan kualitas serta kemampuannya.

“Kami ingin membantu siswa belajar dan guru mengajar, bukan mengakomodir proses ujian,” ujar Cook.

Dalam sebuah kesempatan tersebut, Cook juga bersumpah jika dia dan Apple tidak pernah akan membuat perangkat yang murah layaknya Google atau vendor-vendor lainnya yang saat ini memang gencar merilis laptop gahar berharga miring. Bagi Cook, Apple tetaplah Apple, dimana perusahaan ini tetap akan konsistem merilis produk high-end yang memiliki kualitas tinggi, sekalipun pasar teknologi ke depannya akan dibanjiri dengan perangkat murah.

Sekedar tambahan informasi, sampai saat ini penjualan Google Chromebook untuk institusi pendidikan memang terbilang moncer sejak kali pertama diluncurkan. Perangkat besutan Google tersebut dirasa paling ideal untuk menjadi media penunjang pendidikan di negeri Paman Sam, selain tentunya harga yang dibanderolnya juga lebih murah. Google Chromebook juga bisa dipesan dalam jumlah banyak tanpa harus menunggu lama, bahkan Google Chromebook bisa langsung tersedia untuk siswa dalam jumlah yang banyak ketika menghadapi minggu-minggu ujian.

Apa yang diistilahkan Cook untuk Chromebook bukan hal yang baru. Jika dia menyebut Chromebook sebagai mesin ujian, sebelumnya dia juga dengan beraninya menyebut Surface Book dari Microsoft sebagai perangkat delusional, yaitu perangkat yang berambisi menjadi laptop sekaligus tablet tapi ternyata hanya pepesan kosong. Baca juga Hasil Ujicoba Kinerja Chipset Snadragon 280 Memperoleh Nilai Tinggi dan Presiden Jokowi Resmikan Jaringan 4G Nasional.

Wow, Kinerja Chipset Snadragon 280 TOP!!

Posted: 13 Dec 2015 07:35 PM PST

Hasil Ujicoba Kinerja Chipset Snadragon 280 Memperoleh Nilai Tinggi – Beberapa hari yang lalu, Qualcomm secara resmi meluncurkan chipset Snapdragon 820 untuk wilayah Asia di Beijing, China.  Perusahaan asal AS tersebut, juga tidak lupa ikut memamerkan perangkat purwarupa yang telah didukung dengan prosesor mobile tersebut.

Hasil Ujicoba Kinerja Chipset Snadragon 280 Memperoleh Nilai Tinggi

Spesifikasi yang ditampilkan dari purwarupa handset tersebut cukup tinggi. Dilengkapi dengan layar pendukung dengan resolusi 2K, RAM 3 GB LPDDR4, media penyimpanan internal sebesar 64 GB, kamera 21 megapiksel, dan Android versi terbaru 6.0 atau Marshmallow. Dalam kesempatan tersebut, Qualcomm menunjukkan bahwa smartphone premium untuk tahun 2016 nanti tidak akan jauh berbeda dengan purwarupa dari yang telah dipamerkan tersebut.

Selain itu, purwarupa dari perangkat tersebut disiapkan oleh Qualcomm dengan berbagai aplikasi benchmark. Dalam acara tersebut, banyak pengunjung yang tertarik untuk melakukan pengujian. Karena dari pihak luar sendiri belum banyak yang diberikan kesempatan untuk manjajal chipset terbaru tersebut. Jadi para pengunjung yang hadir di sana tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan untuk ikut berpartisipasi menjajal chipset dari Qualcomm.

Benchmark Snapdragon 820 sendiri dilakukan melalui sejumlah aplikasi populer, seperti AnTuTu, GFXBench, dan GeekBench. Dan hasil yang didapatkan pun sungguh luar biasa. Snapdron 820 tersebut mampu merajai papan skor dalam aplikasi-aplikasi pengujian tersebut. Salah satunya adalah dalam aplikasi AnTuTu dimana chipset Snapdron 820 mampu mencapai nilai 130.708. Sedangkan untuk peringkat kedua yaitu Huawei Mate 8 dengan SoC Kirin 950 yang hanya mampu mendapatkan nilai 92.746.

Nilai tinggi tersebut juga berhasil didapakan pada sesi benchmark yang menggunakan Geekbench. SoC tersebut berhasil mendapatkan nilai 2.356 dengan pengujian single-core. Dan sebanyak 5.514 dalam uji coba multi-core.

Meskipun sudah mendapatkan nilai yang sangat tinggi, pihak Qualcomm menyadari bahwa peringkat tersebut baru dalam tahap pengujian saja. Perangkat dengan Snapdragon 820 akan beredar secara resmi nantinya dan kemungkinan nilai yang didapatkan pun berbeda dengan hasil yang sudah diujikan tersebut.

 

Twiiter Berkicau Saat Hacker Mengancam!

Posted: 13 Dec 2015 07:10 PM PST

Kini Twiiter Beri Peringatan Akan Serangan Hacker – Sebuah akun media sosial memang menjadi sasaran empuk dari para hacker untuk emnjalankan aksinya. Bersembunyi dibalik promosi iklan-iklan menggiurkan dan membawa pengguna untuk mengakses sebuah situs, itulah salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh hacker.

kini-twiiter-beri-peringatan-akan-serangan-hacker

Berdasarkan latar belakang tersebut, banyak diantara pengembang jejaring sosial yang semakin gencar menyuarakan sistem keamanan bagi para pengguna. Hal ini seperti yang sebelumnya telah dilakukan oleh Facebook yang mengungkapkan rencananya untuk memberikan pengetahuan bagi para pengguna aktif jejaring sosial yang terdeteksi sebagai korban dari adanya serangan para hacker tersebut. Selain itu, tim juga membimbing pengguna agar semakin meningkatkan sistem keamanan dari akun miliknya.

Selain Facebook, pada tahun 2012 lalu perusahaan Google juga diketahui telah menerapkan peringatan semacam itu bagi layanan Gmail. Layanan tersebut Google berikan melalaui peringatan atas kewaspadan terhadap pemulihan kata sandi bagi para pemilik akun.

Berkaca dari hal tersebut, Twitter kini juga mengikuti penerapan peringatan yang serupa. Beberapa hari belakangan, pengguna aktif Twitter mulai menerima peringatan terkait keamanan akun. Hal ini dilakukan lantaran adanya informasi dari kicauan pengguna Runa Dansvik dan @coldhakca pada akun Twitter miliknya.

Pemberitahuan tersebut, telah menyertakan sebuah link ke Proyektor serta panduan FF untuk "Melindungi Diri dari Jaringan Sosial" agar tidak diretas hacker. Begitulah informasi yang dilansir melalui halaman techno.okezone, Senin (14/12/2015.

Dalam kasus ini, para pengguna yang melakukan posting di Twitter dengan menggunakan nama samaran akan menjadi sasaran utama para hacker. Untuk itulah Twitter memberikan peringatan keamanan yang serupa dengan Facebook dan Google.

Lalu, Twitter juga memberikan pengarahan berupa saran bagi pengguna yang belum terserang dampak tersebut untuk lebih berhati-hati.

Meskipun hingga saat ini Twitter masih belum memiliki bukti atas adanya tindak pencurian terhadap informasi dari akun pribadi, namun dari adanya pesan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya aka nada informasi lain yang akan ditemukan melalui penyelidikan lanjutan bagi para pengguna yang telah terinfeksi dampak tersebut. Baca juga Fitur Security Checkup dari Facebook Telah Meluncur untuk Pengguna Android dan Chrome Versi Android Defaultkan Fitur Safe Browsing 

 

Smartphone Paling Aman di Dunia Akhirnya Bisa Dimiliki dengan Rp 12 Jutaan!

Posted: 13 Dec 2015 06:30 PM PST

Blackphone 2, Ponsel Teraman di Dunia Telah Membuka Pemesanan – Setelah melakukan perkenalannya pada bulan Maret 2015 lalu di ajang Mobile World Congress (MWC 2015) akhirnya kini Blackphone 2 telah membuka pemesanan melalui situs JD.id. Seperti yang telah diketahui, bahwa ponsel Blackphone 2 ini merupakan sebuah gadget besutan Silent Circle yang diklaim menjadi smartphone paling aman di dunia. Pasalnya, ponsel ini berfokus pada perlindungan privasi yang terenkripsi secara maksimal dan menjamin kemanan.

blackphone-2-ponsel-teraman-di-dunia-telah-membuka-pemesanan

Untuk memaksimalkan keamanan, Blackphone 2 mengaplikasikan platform sistem operasi Android dengan jenis Silent OS. Dimana platform Android jenis ini memang sengaja dirancang untuk mengatasi permasalahan-permasalah terkait keamanan juga privasi  yang seringkali mengancam perusahaan-perusahaan di dunia. Pasalnya, setiap perusahaan memang memiliki data-data pribadi dan sangat rahasia yang harus dijaga dengan sangat ketat. Nah, untuk itulah ponsel cerdas ini dihadirkan dengan perlindungan ekstra.

Ponsel cerdas ini memang hadir tanpa disertai aplikasi bloatware, namun tetap sanggup melindungi setiap user dari adanya kebocoran atas informasi tanpa menghalangi aktivitas yang tetap produktif.

Blackphone 2 memiliki beberapa fitur pendukung seperti Spaces, yang merupakan perangkat antar muka yang dirancang dan didesain khusus untuk melakukan pemisahan dari fungsi ponsel untuk kebutuhan kerja dan kebutuhan pribadi seperti ponsel pada umumnya. Dengan memiliki space data yang terpisah, nantinya pengguna akan lebih mudah menggunakan perangkat ponsel ini untuk kebutuhan kerja yang tetap terlindungi dan aman. Pada fitur ini, ponsel seperti memilki sebuah perangkat virtual di dalamnya. Seperti ponsel di dalam ponsel hingga empat spaces.

Kemudian ada juga fitur Security Center yang menjadi pusat keamanan untuk melakukan pengaturan keamanan untuk setiap privasi dari data pengguna. Pada bagian ini, pengguna dapat melakukan pengaturan izin akses dari data-data yang terdapat pada ponsel tersebut.

Selain itu, Blackphone 2 juga disemati dengan fitur keamanan lain seperti Silent Circle's Software yang menggunakan aplikasi VOIP artinya panggilan dengan enkripsi, fitur Built in Secure Messaging untuk melakukan pengiriman pesan secara terenkripsi, serta ada juga fitur Silent World yaitu fitur sebagai pelindung panggilan dari sambungan apapun .

Ponsel cerdas teraman ini telah bisa didapatkan dengan melakukan Pre Order dengan harga Rp 12.600.000. Baca juga Wiko Indonesia Berhasil Raih Penghargaan Bergengsi dan Oukitel K10000 Hadir dengan Baterai Berkapasitas 10.000 mAh

Penuhi Aturan TKDN, Infinix Siap Gandeng Pabrik Lokal

Posted: 11 Dec 2015 07:45 PM PST

Infinix Akan Gandeng Pabrik Lokal Demi Penuhi Aturan TKDN – Salah satu vendor smartphone asing yang akhir-akhir ini cukup agresif memasarkan produk-produk barunya di Indonesia adalah Infinix. Pabrikan asal Hongkong yang sedang naik daun tersebut semakin menunjukkan keseriusannya di pangsa pasar gadget Tanah Air dengan rencananya untuk menggandeng pabrik lokal dalam merakit produknya. Rencana Infinix ini bertujuan untuk memenuhi aturan mengenai Tingkat Kandungan Dalam Negeri atau TKDN yang ditarpakan oleh pemerintah.

infinix-akan-gandeng-pabrik-lokal-demi-penuhi-aturan-tkdn

Pabrikan ponsel pintar asal Hong Kong yang populer di Afrika ini berencana menggandeng pabrik atau OEM (Original Manufaturing Equipment) lokal untuk memenuhi target TKDN yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

"Kami sedang berdiskusi dengan pabrik lokal. Secara detail, semuanya sudah direncanakan. Infinix ingin memasuki pasar Indonesia untuk waktu yang lama, tentunya kami akan mengikuti regulasi pemerintah. Sebenarnya Infinix di negara lain, seperti Afrika dan Timur Tengah, kami memiliki pengalaman mengenai masalah seperti ini," kata Country Manager Infinix Indonesia, Marcia Sun.

"Kami memiliki tiga kelas smartphone, seri Zero untuk flagship, Note untuk middle, dan Hot untuk low. Seri Hot mengambil pangsa pasar terbesar untuk penjualan Infinix di Indonesia," lanjut Marcia.

Infinix sendiri memiliki dua produk andalan yang dipasarkan di Indonesia, yaitu Infinix seri Zero dan juga Hot. Seri smartphone Infinix Hot didesain untuk pasar kelas menengah dan entry-level. Sedangkan seri Infinix Zero ditujukan untuk pasar kelas menengah ke atas.

Lebih lanjut Marcia mengatakan bahwa saat ini penjualan smartphone Infinix di Indonesia didominasi oleh seri Hot. Terakhir, mereka telah meluncurkan seri Note 2. Infinix Note 2 sendiri merupakan seri smartphone yang mengusung layar berukuran 5,9 inci dengan resolusi full HD 1080p atau 1920 x 1080 piksel berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) LCD kapasitif dengan kerapatan mencapai 368 piksel per inci. Smartphone Infinix Note 2 dipastikan telah menggunakan sistem operasi Android 5.1 Lollipop dengan balutan antarmuka XUI.

Kedepannya, Infinix siap menghadirkan seri smartphone-smartphone terbaru dengan kerjasama dengan pabrik lokal. Meski masih terhitung baru, perlahan namun pasti produk-produk Infinix mulai menjadi pilihan gadget baru konsumen di Indonesia. Baca juga Sudah Sejauh Mana Perkembangan Mengenai  Aturan Main TKDN? dan Presiden Jokowi Resmikan Jaringan 4G Nasional.

Diresmikan Presiden, 4G Diharpakan Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Posted: 11 Dec 2015 07:32 PM PST

Presiden Jokowi Resmikan Jaringan 4G Nasional – Jumat (11/12) kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan penggunaan jaringan 4G nasional. Dengan didampingi beberapa menteri, seperti Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koordinator Polhukam Luhut Pandjaitan, Menkominfo Rudiantara dan juga Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Presiden Jokowi meresmikan penggunaan jaringan mobile generasi keempat atau 4G LTE (Long Term Evolution) untuk skala nasional.

presiden-jokowi-resmikan-jaringan-4g-nasional

Acara peresmian penggunaan jaringan 4G LTE secara nasional ini mengusung tajuk “Revolusi Digital Merevolusi Ekonomi Indonesia”.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan 4G secara nasional" kata Presiden Jokowi saat meresmikan 4G Nasional yang digelar di Museum Nasional, Jakarta.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ada lima operator besar yang terdiri dari Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri, Smartfren Telecom, dan juga XL Axiata yang sudah melakukan refarming penggunaan jaringan mobile 4G LTE. Tiga operator terbesar, yakni Telkomsel, Indosat Ooredoo, serta XL Axiata akan menggunakan spektrum 800 MHz dan 1800 MHz. Sedangkan Smartfren akan menggunakan spektrum 800 MHz dan 2300 MHz.

Setelah diresmikan penggunaannya, saat ini kelima operator besar Tanah Air tersebut terus berlomba-lomba mempromosikan layanan 4G pada masyarakat agar dapat dikenal lebih luas. Tak hanya itu saja, operator seluler tersebut juga terus melakukan pembangunan jaringan untuk meningkatkan cakupan 4G LTE agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna di seluruh Indonesia.

Dalam acara peresmian penggunaan 4G secara nasional kemarin, Presiden Jokowi juga berpesan pada Menkominfo Rudiantara agar jaringan 4G LTE dapat dimaksimalkan penggunaannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, Menkominfo juga mengatakan bahwa kehadiran jaringan 4G LTE di Jakarta merupakan janjinya pada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok. Jaringan 4G LTE diperlukan agar Ahok dapat membangun Jakarta menjadi Smart City, seperti yang digagasnya.

"Presiden tadi berpesan, tolong manfaatkan agar 4G nggak cuma buat teleponan saja, tapi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Itu sebabnya kami lebih mendoronge-commerce, bukan social media. Dengan adanya e-commerce, 4G bukan cuma pipa saja, tapi sudah ada isi pipanya," kata Menkominfo Rudiantara.

Peresmian 4G LTE merupakan bagian dari program percepatan penyediaan layanan akses broadband yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang melibatkan lima operator seluler besar di Indonesia, yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Hutchison 3 Indonesia dan juga Smartfren. Baca juga Sudah Sejauh Mana Perkembangan Mengenai  Aturan Main TKDN? dan Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan.

Tak Hanya Android, iOS Juga Rentan Serangan Malware Berbahaya

Posted: 11 Dec 2015 07:02 PM PST

iOS Ternyata Juga Rawan Serangan Malware – Tidak hanya sistem operasi Android saja yang rawan terkena serangan malware berbahaya, ternyata sistem operasi besutan Apple yakni iOS juga rentan terhadap serangan virus malware merugikan. Padahal selama ini banyak yang menganggap jika sistem operasi rancangan Apple tersebut adalah OS yang paling aman dari serangan virus. Tetapi hal berbeda diungkapkan oleh Trend Micro Q3 2015, yang membeberkan jika platform iOS juga memiliki kelemahan yang sama dengan Android. Apalagi dewasa ini virus malware semakin berkembang.

Tak Hanya Android, iOS Juga Rentan Serangan Malware Berbahaya

iOS selama ini menyatakan paling aman karena mengusung close platform sehingga dapat mengontrol semua, tapi ternyata ada kerentanan di Xcode,” kata Andreas Kagawa, Country Manager, kepada Antara News, Jumat, 11 Desember 2015, dikutip dari TeknoTempo (12/12).

Sekedar informasi, Xcode merupakan sebuah development tools yang biasanya digunakan oleh para programmer yang membuat aplikasi untuk perangkat iOS. Nah di dalam Xcode inilah peretas bisa menemukan celah keamanan yang mungkin tidak disadari oleh pengembang platform.

“Hacker memasukkan malware di Xcode yang biasa disebut Xcode Ghost. Xcode tersebut dipalsukan, padahal Xcode dipakai banyak developer untuk membangun aplikasi,” ujarnya. “Bahkan gara-gara Xcode tersebut terdapat ratusan ribu aplikasi yang ditarik dari App Store," tambah Andreas lebih lanjut.

Fakta mengejutkan juga datang dari Andreas yang mengatakan jika iOS sudah dimasuki oleh malware, maka hal tersebut lebih berbahaya daripada Android yang terkena malware. Mengapa bisa begitu?

“Android biasanya menyerang baterai yang bertujuan merusak smartphone, tapi di iOS dapat mencuri data. Bayangkan pengguna menggunakan iPhone untuk corporate data, data akan tercuri,” ucapnya.

Andreas lantas menyebutkan jika di perangkat bersistem operasi Android, celah keamanan biasanya ditemukan di Media Server. Sementara Media Server sendiri adalah program khusus Android yang memungkinkan antara pengguna satu dengan yang lainnya dapat berbagi file misalnya music, foto, gambar, dan lain sebagainya, bahkan untuk smartTv, Xbox, dan PS.

“Ternyata Media Server ditemukan kerentanan. Media Server bisa menipu pemilik smartphone untuk menginstal program yang justru ternyata merupakan software yang berbahaya,” pungkasnya. Baca juga Oukitel K10000 Hadir dengan Baterai Berkapasitas 10.000 mAh dan Xiaomi Luncurkan Redmi Note 2 Prime untuk Pasar Gadget India.

Bisnis Smartphone Semakin Turun, Samsung Tatap Bisnis Otomotif

Posted: 11 Dec 2015 06:37 PM PST

Samsung Segera Bentuk Divisi Otomotif – Bersamaan semakin sepinya bisnis smartphone Samsung, dikabarkan Samsung serius untuk berubah haluan menatap bisnis lainnya yang dinilai lebih prospektif untuk masa depan yakni otomotif. Samsung belakangan memang mengungkapkan niatnya untuk membuat divisi khusus yang menjurus pada bisnis otomotif, dan berharap dengan divisi barunya ini dapat mengatrol pendapatan perusahaan ke depannya.

Bisnis Smartphone Semakin Turun, Samsung Tatap Bisnis Otomotif

Divisi otomotif Samsung diproyeksikan akan menyediakan penjualan beragam komponen mobil, dengan produk khusus berupa perangkat multimedia, navigasi satelit, serta teknologi mobil yang akhir-akhir ini marak yaitu mobil nirawak. Untuk menjalankan divisi otomotifnya, Samsung tetap akan bersinergi dengan divisi teknologi lainnya.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (12/12), memang banyak investor dan juga para analis yang menyarankan Samsung untuk memperkuat lini bisnisnya di sektor teknologi kendaraan, selain hanya berkutat pada teknologi smartphone. Hal tersebut bukan karena tanpa alasan, sebab saat ini banyak produsen mobil berlomba-lomba memasukkan perangkat canggih ke dalam produk mobil mereka, sehingga hal ini pasti menguntungkan buat Samsung.

Kemudian alasan lainnya adalah karena saat ini potensi penjualan smartphone Samsung memang terus mengalami penurunan. Dimana prediksi pasar menunjukkan jika keuntungan ponsel mulai tahun 2015 akan terus menurun secara signifikan. Padahal bagi Samsung, bisnis smartphone adalah sebuah bisnis yang turut melambungkan namanya ke dalam jajaran teratas pabrikan teknologi dunia, sekaligus berpengaruh terhadap penambahan pendapatan perusahaan mereka secara keseluruhan.

Langkah serupa ternyata tidak akan ditempuh Samsung saja melainkan juga vendor lain yang saat ini mulai berlomba-lomba terjun untuk divisi otomotif. Mayoritas perusahaan lain juga mulai mencoba masuk ke dalam bisnis komponen otomotif software serta menyediakan layanan pelengkap dengan nilai investasi sekitar Rp 6,983 triliun.

Untuk mendukung bisnis komponen otomotifnya, Samsung telah memiliki potensi besar dengan cukup menggandeng produsen baterai Samsung Electronics SDI dan juga produsen komponen elektronik lewat Samsung Electro-Mechanics. Dengan kerja sama antara ketiga divisi ini mereka bisa bersinergi untuk berkiprah di teknologi otomotif.

Tetapi meskipun berpotensi besar terjun ke dalam industri otomotif, hal ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Samsung masih butuh beberapa tahun lagi untuk bisa menjadi raksasa teknologi otomotif dunia, karena siklus untuk industri ini berjalan cukup lamban dibandingkan pasar smartphone. Baca juga Teknologi Terbaru, Menyetir Mobil Hanya dengan Otak dan Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan.

TKDN Ponsel 4G, Apa Kabar?

Posted: 11 Dec 2015 06:22 PM PST

Sudah Sejauh Mana Perkembangan Mengenai  Aturan Main TKDN? – Saat ini beberapa vendor ponsel 4G asal luar negeri yang hendak memasarkan produknya di Indonesia, harus memenuhi standar TKDN yaitu Tingkat Kandungan Dalam Negeri, dimana untuk setiap produk luar negeri harus ada komponen atau bagian yang dibuat di Indonesia bukan lagi merupakan impor secara utuh. Lalu, sudah sejauh mana perkembangan TKDN ini? Informasi secara lebih detai dari aturan TKDN memang tinggal menunggu pengumuman resmi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Pasalnya, beberapa vendor luar seperti Samsung dan Lenovo juga telah melakukan aturan tersebut. Namun, hingga saat ini sepertinya masih sepi-sepi saja.

sudah-sejauh-mana-perkembangan-mengenai-aturan-main-tkdn

Kabarnya, dengan diberlakukan aturan TKDN ini nantinya akan menjadi salah satu jalan bagi perekonomian dalam negeri menjadi semakin kuat. Hal tersebut juga telah dibahas langsung oleh peringgi Negara yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Untuk peraturan TKDN tersebut, perangkat ponsel dengan teknolgi 4G yang diimpor dari luar negeri telah ditentukan agar terdapat kandungan dalam negeri sebesar 30 persen dan diberlakukan mulai tahun 2017 mendatang. Dengan demikian, untuk setiap gadget berteknologi tersebut harus memenuhi kadar sebesar itu agar mendapatkan izin pemasaran di pasaran dalam negeri.

Setelah dinyatak kadar kandungan dalam negeri sebesar 30 persen, kini pertanyaan yang timbul adalah detai dari 30 persen tersebut terdiri dari apa saja? Untuk pertanyaan tersebut memang hingga kini masih belum diumumkan jawabannya oleh Kemenperin. Saat ini pihak kementerian, tengah dalam proses penyesuaian agar nantinya keputusan dapat diterima dengan baik oleh semua pihak.

Berdasarkan keterangan dari I GustI Putu Suryawirawan selaku Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Trnasportasi dan Elektronika Kemenperin pada saat peluncuran 4G LTE Revolusi Digita yang dilansir dari halaman Kompas Tekno, Sabtu (12/12/2015),"Rancangan TKDN saat ini terdiri dari hardware dan software. Sudah ada lima skema terkait hal itu, pertama yang 100 persen hardware dan 100 persen software," terangnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa dari skema tersebut juga diberikan komposisi berbeda perbandingan antara hardware dan software yaitu 75:25 persen, 50:50 persen lalu yang terakhir adalah 25:75 persen.

Nah, skema-skema tersebutlah yang kabarnya saat ini tengah dibahas oleh pihak-pihak yang bersnagkutan dan masih belum mencapai keputusan final. Baca juga Infinix Note 2 Belum Memenuhi TKDN dan Hologram yang Bisa Disentuh Selangkah Lagi Menjadi Kenyataan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...