PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Selasa, 15 Desember 2015

Gizmo Indonesia

Gizmo Indonesia


Penegakkan Peraturan Registrasi Kartu Prabayar

Posted: 15 Dec 2015 01:19 AM PST

Gizmo.id – Terhitung mulai hari ini, Selasa (15/12/2015) pembeli baru kartu prabayar harus menunjukkan data identitas diri yang valid baik dari KTP, SIM, Paspor atau Kartu Pelajar di tempat pembelian kartu perdana. Dengan adanya penegakkan Peraturan Menteri No 23 M.Kominfo/10/2005 tentang kewajiban registrasi kartu prabayar ini Kementerian Komunikasi berharap dapat mencegah masalah kriminalitas yang selama ini terjadi di masyarakat.

Menurut Prof. Dr. Kalamullah Ramli, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika (PPI) Kominfo, masyarakat tidak lagi dapat mendaftarkan dirinya sendiri lagi. Semua masyarakat diharapkan memperlihatkan kartu identitas yang berlaku pada saat pembelian kartu perdana dan akan didaftarkan langsung oleh penjual kartu perdana. Selama ini, registrasi kartu perdana yang sembarangan telah berdampak merugikan bagi masyarakat sendiri.

registrasi kartu prabayar

Mekanisme pelaksanaannya, registrasi prabayar dilakukan oleh penjual kartu prabayar dengan menggunakan SIM Tool Kit 4444 yang dimodifikasi atau perangkat registrasi resmi lainnya yang disediakan operator dengan menambahkan identitas (ID) milik penjual kartu prabayar tersebut. Dengan pemulihan sistem ini diharapkan pihak berwajib dapat menelusuri penjual terakhir kartu perdana dan siapa yang membelinya, sehingga jika terjadi penyalahgunaan atau kriminalitas maka dapat ditelusuri dengan mudah hingga tuntas.

Selanjutnya nomor yang telah beredar di masyarakat (eksisting) juga akan ditertibkan, “jumlah nomor eksisting yang beredar sekarang sekitar 200-300 juta nomor tetapi jumlah yang aktif hanya sekitar 200 juta nomor, setelah ini kita juga akan menertibkan pengguna eksisting, namun untuk terknisnya kita masih perlu berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait,” ujar Kalamullah dalam jumpa pers di acara Launching Penertiban Registrasi Nomor Prabayar Pelanggan Jasa Telekomunikasi di kantor Kemkominfo, Jakarta.

The post Penegakkan Peraturan Registrasi Kartu Prabayar appeared first on Gizmo Indonesia.

Twitter Peringatkan Penggunanya Terhadap Serangan Hacking

Posted: 14 Dec 2015 11:39 PM PST

Gizmo.id – Setelah Google dan Facebook mengumumkan akan memperingatkan penggunanya perihal serangan cyber, baru-baru ini Twitter juga mengumumkan peringatan serupa kepada sejumlah penggunanya agar mewaspadai percobaan hacking yang diduga didanai oleh pemerintah suatu negara dan mencoba meretas akun para pengguna Twitter.

Upaya peretasan tersebut berusaha untuk mendapatkan informasi dari Twitter sehubungan dengan informasi penting dari pengguna seperti nomor telepon, alamat email dan IP address. “Saat ini kami tidak memiliki bukti bahwa mereka (pihak peretas) dapat memperoleh informasi akun Anda, tetapi kami akan melakukan investigasi secara aktif,” kata akun @coldhakca, sebuah organisasi non-profit di Kanada yang sempat memposting salinan surat peringatan yang mereka terima dari Twitter.

screenshot-tekno.liputan6.com 2015-12-15 14-21-50

Dalam posting tersebut dikatakan bahwa ada kemungkinan akun tersebut bukanlah sasaran dari para peretas yang dicurigai, namun Twitter bermaksud menyampaikannya sebagai peringatan awal dan mempersiapkan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Apa Itu Hacking?

Hacking sendiri adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak/instansi tertentu sedangkan Hacker adalah orang yang gemar mengutak-atik komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mencoba sistem keamanannya. Hacker umumnya memiliki 2 sifat, ada yang bersifat positif dan ada yang bersifat negatif.

Hacker yang bersifat positif biasanya setelah selesai hacking ia akan memberi tahu kepada programer adanya kelemahan-kelemahan pada yang sistem komputer yang diterobos, sehingga bisa segera diperbaiki. Sedangkan, hacker yang bersifat negatif, melakukan hacking untuk menerobos program milik orang/pihak/instansi lain untuk merusak dan mencuri informasi penting yang diinginkan.

hacker

The post Twitter Peringatkan Penggunanya Terhadap Serangan Hacking appeared first on Gizmo Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...