PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Kamis, 26 Januari 2017

Gizmo Indonesia

Gizmo Indonesia


Aipoly, Aplikasi Pintar Untuk Penyandang Disabilitas

Posted: 26 Jan 2017 12:23 AM PST

Gizmo.id – Bagi penyandang Tunanetra, untuk mengatasi hilangnya fungsi indra penglihatan maka para penyandang tunanetra ini berusaha memaksimalkan fungsi indra-indra lainnya seperti perabaan, penciuman, pendengaran ataupun memakai tongkat khusus untuk membantu mobilitasnya. Tunanetra bisa disebabkan dari kelainan sejak lahir ataupun kecelakaan.

Aplikasi Aipoly Vision dapat mengenali objek di sekitar pengguna
Aplikasi Aipoly Vision dapat mengenali objek di sekitar pengguna

Baru-baru ini telah dirilis aplikasi untuk membantu para penyandang disabilitas khususnya Tunanetra untuk mengenali objek-objek yang ada di sekeliling mereka. Aplikasi yang diberi nama Aipoly Vision ini dirancang untuk dapat membantu para Tunanetra untuk dapat melihat melalui smartphone. Cara pakainya pun mudah, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera belakang smartphone ke objek yang dituju maka aplikasi ini akan memindai dan memberitahukan benda yang ada di depan melalui speaker dalam sekejap tanpa harus mengambil foto objek.

Baca juga : Human Sound, era baru Earphone nirkabel

Aipoly memudahkan pengguna pada saat menggunakan toilet
Aipoly memudahkan pengguna pada saat menggunakan toilet

Karena kemampuannya mengenali objek dan jarak obkjek yang berada di sekeliling pengguna, aplikasi ini diharapkan dapat membantu mobilitas para penyandang Tunanetra dan memberitahukan arah yang akan dilalui. Aplikasi ini memiliki kecepatan pemindai yang luar biasa sehingga dapat mengenali hingga tiga objek yang berbeda dalam satu detik. Selain dapat membantu menunjukkan arah, aplikasi ini juga dapat dipakai untuk memudahkan penggunanya mengenali objek di tempat yang tidak ideal untuk menggunakan tangan sebagai alat bantu, contohnya di toilet umum.

Aipoly dapat mengenali lebih dari 900 warna
Aipoly dapat mengenali lebih dari 900 jenis warna yang berbeda

Aplikasi ini juga dapat bekerja secara offline sehingga pengguna tidak tergantung pada kekuatan sinyal pada smartphone sehingga aplikasi ini dapat dipakai kapan saja pengguna membutuhkannya. Selain mengenali bentuk dan jarak objek, aplikasi ini juga dapat mengenali hingga 900 jenis warna yang berbeda. Hal ini membuatnya aplikasi ini juga berguna bagi penyandang buta warna. Meskipun belum sempurna, namun aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan ini dapat mengenali ribuan objek baru sehingga pengguna dapat mengubah, memperbaiki dan memasukkan informasi baru dengan mudah.

Sejak dirilis aplikasi Aipoly Vision sudah di download lebih dari 100.000 pengguna di seluruh dunia dan tersedia 7 pilihan bahasa untuk memudahkan penggunanya. Aplikasi Aipoly Vision ini baru terdapat di Apple store, untuk pengguna Android sepertinya harus bersabar karena tidak lama lagi applikasi ini juga akan muncul di Play Store.

The post Aipoly, Aplikasi Pintar Untuk Penyandang Disabilitas appeared first on Gizmo Indonesia.

1 komentar:

  1. Apakah aplikasi ini sudah tersedia untuk bahasa Indonesianya?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...