PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Rabu, 02 Desember 2015

Info Gadget Terbaru Dari Tech In Asia

Info Gadget Terbaru Dari Tech In Asia


5 Proyek Keren yang Dibuat Menggunakan Raspberry Pi

Posted: 02 Dec 2015 02:57 AM PST

Beberapa hari lalu saya membuat artikel tentang Raspberry Pi Zero, komputer mungil seharga $5 (sekitar Rp70.000). Hal ini membuat saya penasaran dengan kemampuan dari komputer mungil tersebut. Saya pun merangkum lima proyek keren yang dibuat menggunakan Raspberry Pi, seperti dikutip dari majalah Raspberry Pi.

PiPiano

Zachary Igielman

Zachary Igielman

Zachary Igielman, anak berumur 15 tahun asal London, Inggris, memutuskan untuk melakukan integrasi antara Raspberry Pi dengan piano yang ia miliki. Zachary ingin agar piano tersebut bisa digunakan untuk bermain secara live dan direkam langsung ke Raspberry Pi.

Pipiano

Pipiano

Singkat cerita, Zachary kemudian membuat sebuah proyek bernama PiPiano, sebuah alat tambahan untuk piano yang bisa digunakan untuk melakukan eksplorasi musik dan menghasilkan bunyi-bunyi baru.

Ia melakukan penggalangan dana di Indiegogo dengan target £500 (sekitar Rp10 juta). Ternyata kampanye tersebut melebihi ekspektasi, Zachary berhasil menggalang dana hampir £1.000 (sekitar Rp20 juta).

Pi Video Wall

Pi Video Wall

Pi Video Wall

Pi Video Wall adalah kumpulan monitor yang diatur untuk menampilkan video tertentu. Proyek ini dibuat oleh Lauren Egts, perempuan berumur 16 tahun asal Stow, Ohio. Ia membuatnya saat sedang magang di NASA. Ya, NASA!

Lauren Egts

Lauren Egts

Menggunakan sebuah Raspberry Pi dan beberapa alat tambahan, Lauren mampu menyambungkan empat monitor sekaligus. Komputer mungil ini, yang ukurannya tidak lebih dari kartu kredit saya, bisa digunakan untuk menampilkan video ke empat monitor sekaligus. Jadi bisa dibayangkan sendiri kemampuan Raspberry Pi seperti apa.

Pocket PiGRRL

Pocket Pigrrl

Masih ingat masa-masa kamu bermain Nintendo Game Boy? Dengan Raspberry Pi, kamu bisa bernostalgia lagi dengan game yang pernah kamu mainkan di console genggam itu. Hal itulah yang dilakukan oleh Adafruit dengan proyek bernama Pocket PiGRRL.

Pocket PiGRRL merupakan sebuah Game Boy yang dibuat menggunakan Raspberry Pi. Ukuran mungil dari Raspberry Pi merupakan faktor utama perangkat tersebut bisa dibuat. Adafruit juga telah menyediakan tutorial berisi cara membuat Nintendo Game Boy tersebut.

Project Aquarium

Tidak hanya kecerdasan saja yang bisa dibuat, teknologi juga bisa digunakan untuk membuat simulasi kondisi hari dan cuaca. Seperti apa yang dilakukan oleh dua bersaudara Poopi dan Piter berikut ini.

Keduanya membuat sebuah proyek yang dapat menduplikasi suasana hutan hujan tropis di hutan Amazon pada akuarium di rumah mereka. Menggunakan Raspberry Pi sebagai mesin utama, serta sejumlah mesin tambahan, keduanya berhasil membuat simulasi kondisi Amazon. Lengkap dengan cahaya, suhu, dan juga suara-suara binatang hutan. Berikut adalah video dari proyek tersebut.

Pi Scan

 

PiScan

Pi Scan merupakan sebuah replika dari Amazon Dash, sebuah tombol khusus yang digunakan untuk memesan produk tertentu dari Amazon secara instan. Misalnya persediaan kopi kamu habis, kamu tinggal menekan tombol tersebut, lalu menunggu kopi yang kamu pesan tiba di rumah.

Pi Scan menggunakan sistem yang sedikit berbeda karena tidak menggunakan tombol. Proyek ini menggunakan Barcode Scanner yang akan memindai barcode dari sebuah produk, untuk bisa memesan produk yang sama ke Amazon.

Baca juga: Li-Fi, Teknologi Lampu yang Mampu Mengirim Data 100 Kali Lebih Cepat Dibandingkan Wi-Fi


Selain lima proyek di atas, masih ada banyak sekali proyek-proyek keren yang bisa dibuat menggunakan Raspberry Pi. Seperti alat pemutar video sebagai alternatif dari Apple TV untuk di rumah kamu, alat pemberi makan kucing otomatis, radio, bahkan sebuah laptop atau tablet.

(Diedit oleh Fadly Yanuar Iriansyah)

The post 5 Proyek Keren yang Dibuat Menggunakan Raspberry Pi appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...