PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Kamis, 20 Oktober 2016

Info Gadget Terbaru Dari Tech In Asia

Info Gadget Terbaru Dari Tech In Asia


Android Device Manager, Semua yang Perlu Kamu Tahu

Posted: 19 Oct 2016 08:00 PM PDT

Kehilangan smartphone adalah salah satu hal yang paling menyebalkan yang pernah saya alami dan mungkin juga bagi kamu. Selain merugi secara materi, kita bisa saja kehilangan data berharga yang ada di dalam smartphone. Dokumen-dokumen penting, informasi pribadi, akun media sosial, atau foto-foto reuni dari beberapa tahun lalu akan hilang begitu saja — kecuali jika kamu menggunakan layanan cloud untuk membuat backup dari data yang kamu miliki.

Untuk membantu kamu melacak hp yang hilang, Apple meluncurkan layanan Find my iPhone. Bagi para pengguna Android, kamu memiliki aplikasi yang bernama Android Device Manager. Hampir sama dengan Find my iPhone di iOS, aplikasi ini juga mampu menemukan lokasi smartphone kamu serta melakukan berbagai operasi lain yang berfungsi mengamankan data ketika ponselmu hilang.

Apa itu Android Device Manager?

Android Device Manager|Apa Itu ADM

Android Device Manager (ADM) adalah sebuah fitur yang dibuat oleh Google untuk membantu pengguna Android melacak keberadaan smartphone mereka. Fitur ini tersedia di hampir semua perangkat Android versi 2.2 ke atas (dengan Google App terinstalasi).

Walaupun terlihat seperti sebuah aplikasi yang sangat berguna, ADM tidak dapat digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:

  • Melacak smartphone dalam kondisi tidak aktif,
  • Mengendalikan atau bahkan merusak smartphone dari jarak jauh,
  • Mengambil data dari smartphone yang hilang,
  • Mengetahui lokasi smartphone ketika telah direset.

Apa saja yang dapat dilakukan oleh aplikasi pelacak Android ini?

Melacak posisi smartphone kamu

ADM mampu melacak keberadaan smartphone yang hilang dengan memanfaatkan kemampuan geolocation yang ada pada perangkat Android. Walaupun pelacakan ini terkadang kurang akurat, setidaknya pengguna akan mendapatkan gambaran lokasi terakhir di mana ponsel mereka berada.

Membunyikan hp kamu walaupun dalam mode silent

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menemukan lokasi smartphone di tempat yang tersembunyi. Apabila kamu seperti saya, yang terkadang lalai meletakkan smartphone di tempat yang tidak semestinya (di dalam kulkas misalnya, true story), kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membunyikan nada dering pada smartphone walau hp dalam keadaan silent/sunyi sekalipun. Nada dering yang kencang selamat 5 menit tentunya akan mempermudah proses pencarian ponsel.

Mengunci smartphone sehingga tidak bisa diakses orang lain

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengunci smartphone pengguna. Apabila ponsel yang hilang tidak menggunakan kunci layar (lock screen), fitur ini adalah hal pertama yang harus diaktifkan sebelum data pengguna dapat diakses oleh orang lain.

Menghapus isi smartphone kamu

Apabila kamu telah melakukan seluruh langkah di atas namun masih belum membuahkan hasil, sepertinya kamu memang harus mengikhlaskan hilangnya smartphone kamu. Tetapi sebelum itu, kamu dapat menghapus seluruh data yang ada di dalam smartphone yang hilang agar tidak diakses orang lain. Ya, ADM dapat melakukan hal tersebut.

Bagaimana cara kerjanya?

Android Device Manager bekerja melalui koneksi TCP rendah latency antara perangkat Android dengan server Google. Melalui koneksi ini, ADM dapat mengirimkan sebuah instruksi kepada smartphone yang akan dibalas dengan informasi tertentu untuk digunakan dalam menentukan lokasi serta melakukan operasi lainnya.

Syarat untuk dapat menggunakan?

Sebelum kamu menggunakan ADM untuk melacak lokasi smartphone, ada empat hal penting yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Kamu harus mengingat detail akun Google pada ponsel yang ingin dilacak serta kata sandinya. Informasi akun ini akan digunakan untuk melakukan login pada aplikasi/situs ADM.
  2. Perangkat mobile kamu harus terhubung dengan internet — baik menggunakan paket data maupun dengan Wifi.
  3. Kamu telah mengaktifkan ADM/Pengelola Perangkat Android di dalam Settings (Setelan) -> Security (Keamanan) -> Device administrator (Administrator perangkat).Mengaktifkan Android Device Manager | Screenshot
  4. Apabila kamu belum pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya, kamu harus mengizinkan perangkat Android kamu agar dapat diakses dari jarak jauh. Berikut adalah caranya:
    • Masuk ke Settings (Setelan) -> Google kemudian tap Security (Keamanan). Nyalakan kedua cek lis pada pilihan Remotely locate this device (Cari lokasi perangkat ini dari jarak jauh) dan Allow remote lock and erase (Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh).Allow Android Device Manager | Screenshot
    • Mengaktifkan layanan Location (Lokasi) pada smartphone. Masuk ke Masuk ke Settings (Setelan) -> Google kemudian klik Location (Lokasi). Yakinkan kembali bahwa cek lis Location (Lokasi) yang ada telah dalam posisi menyala.Location Android Manager | Screenshot

Setelah yakin keempat hal ini telah kamu lakukan, kamu siap untuk menggunakan ADM.

Cara menggunakan Android Device Manager

Kamu dapat menggunakannya dengan dua cara: dengan mengunduh aplikasi ini pada perangkat Android lain, atau melalui situsnya. Lakukan login dengan akun Google smartphone tujuan.

Setelah berhasil login, ADM akan langsung melakukan deteksi lokasi smartphone tujuan pada peta yang ada di layar. Bila ponsel target belum terdeteksi, kamu dapat menekan tombol yang ada di sebelah kanan ikon pensil untuk melakukan deteksi lokasi secara manual.

Android Device Manager|Screenshot1

Di tahap ini kamu dapat menemukan berbagai informasi tentang perangkat Android yang sedang kamu lacak beserta operasi yang dapat kamu lakukan, seperti: membunyikan nada dering, mengunci layar ponsel, dan melakukan pengaturan pabrik (factory reset). Kamu juga dapat mengganti nama smartphone supaya mudah diidentifikasi dengan menekan ikon pensil di sebelah nama handset.

Android Device Manager|Screenshot2

Bila kamu memilih untuk membunyikan nada dering smartphone, kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi operasi. Setelah itu, nada dering smartphone yang terhubung dengan ADM akan berbunyi dengan volume maksimal selama lima menit.

Android Device Manager|Screenshot3

Tampilan untuk menambahkan password akan tampil di layar apabila kamu memilih untuk mengunci layar perangkat Android kamu. Pengguna juga dapat menambahkan pesan personal untuk siapa pun yang menemukan smartphone mereka. Sertakan juga nomor telepon yang dapat dihubungi agar siapa pun yang menemukan smartphone tersebut dapat langsung melaporkannya.

Android Device Manager|Screenshot7

Pilihan terakhir yang dapat kamu lakukan pada smartphone kamu yang hilang adalah dengan menghapus seluruh data yang ada. Kamu akan diminta untuk mengonfirmasi operasi ini, dan setelah kamu menekan tombol merah, maka seluruh data yang ada di dalam memori internal akan dihapus dan smartphone akan direset ke kondisi awal.

Perlu dicatat bahwa operasi ini tidak mampu menghapus data yang ada pada kartu microSD. Yakinkan kembali bahwa kamu benar-benar ingin melakukan operasi ini, karena data yang telah dihapus tidak akan dapat dikembalikan seperti semula.

Android Device Manager|Screenshot5

Aplikasi alternatif Untuk Melacak HP yang Hilang

Bila kamu mencari alternatif lain selain solusi dari Google untuk melacak hp kamu, ada beberapa aplikasi lain di Play Store yang dapat kamu gunakan. Berikut di antaranya:

Where's My Droid

Android Device Manager|WhereIsMyDroid

Where’s my Droid adalah alternatif terbaik jika kamu tidak ingin menggunakan solusi Google. Kamu dapat membunyikan nada dering pada ponsel hanya dengan mengirimkan pesan singkat (SMS). Selain itu, pelacakan smartphone akan menjadi lebih akurat karena aplikasi ini akan memberikan lokasi berdasarkan koordinat GPS yang dibantu dengan pemetaan dari Google Maps.

Where's My Droid juga akan mengirimkan notifikasi kepada pengguna apabila telah terjadi penggantian kartu SIM. Hal ini juga akan sangat memudahkan pelacakan apabila ada orang yang berusaha untuk "memindahtangankan"  smartphone kamu.

Sayangnya, versi gratis dari aplikasi ini memiliki fitur yang sangat terbatas. Untuk dapat menikmati seluruh fitur yang ada, pengguna harus membayar biaya sekitar Rp120 ribu per tahun. Bila menurutmu biaya berlangganan tersebut cukup layak untuk melindungi seluruh data yang ada di smartphone kamu, mengapa tidak mencoba solusi ini?

App Info
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Yellow
Wheres My Droid
Alienman Technologies LLC -  Sep 29, 2016
Genre:  Tools
Size:   5.1M
Installs:   10,000,000 - 50,000,000
Gratis
Download

Android Lost

Kamu menginginkan alternatif dari ADM dengan tampilan yang simpel? Kamu dapat menggunakan Android Lost. Aplikasi ini dapat dikendalikan melalui SMS atau internet untuk menghapus data yang ada di smartphone kamu beserta kartu microSD yang tersemat di dalamnya. Android Lost juga memiliki fitur untuk mengunci ponsel yang hilang.

Seperti Where's My Droid, aplikasi ini juga menawarkan fitur alarm dan notifikasi via email apabila ponsel mengalami penggantian SIM card.

App Info
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
Lost Android
Theis Borg -  Sep 21, 2016
Genre:  Tools
Size:   179k
Installs:   5,000,000 - 10,000,000
Gratis
Download

Seek Droid

SeekDroid | Screenshot 1

Alternatif ADM yang satu ini menawarkan fitur untuk melacak lokasi smartphone dan tempat-tempat yang pernah disinggahinya. Seek Droid juga menawarkan fitur alarm, menghapus data pada ponsel dan microSD secara remote, dan mengunci smartphone dengan mudah. Pengguna dapat memantau lebih dari satu perangkat Android menggunakan aplikasi ini.

Android Device Manager adalah solusi paling tepat tanpa biaya untuk menemukan perangkat Android yang hilang. Walau begitu, aplikasi ini hanya mampu bekerja apabila ada koneksi internet. Di masa depan, tidak menutup kemungkinan bahwa Google akan membuat versi offline dari aplikasi ini, dengan memanfaatkan GPS dan SMS untuk memberikan koordinat GPS terakhir dari lokasi smartphone kepada penggunanya. Ini akan memudahkan pelacakan apabila tidak terdapat jaringan internet.

App Info
Review Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android YellowReview Star Android Gray
SeekDroid: Find My Phone
GT Media, LLC -  Jul 16, 2014
Genre:  Tools
Size:   1.2M
Installs:   100,000 - 500,000
Gratis
Download

Informasi lebih lanjut mengenai Android Device Manager dapat kamu baca di halaman resmi mereka di sini. Hingga waktu itu datang, jagalah smartphone kamu baik-baik.

Apabila kamu memiliki pertanyaan atau saran maka kamu dapat menuliskannya pada kolom komentar di bagian bawah artikel ini.

(Diedit oleh Septa Mellina)

This post Android Device Manager, Semua yang Perlu Kamu Tahu appeared first on Tech in Asia.

The post Android Device Manager, Semua yang Perlu Kamu Tahu appeared first on Tech in Asia Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...