PROMO SANDISK :

PROMO SANDISK :
Flash Drive Android

Harga HP

Kamis, 19 Januari 2017

Tabloid Pulsa

Tabloid Pulsa


Sinergi Industri Telko Kunci Sukses Ekonomi Digital Indonesia

Posted: 19 Jan 2017 07:17 AM PST

Marketing Director Advan, Bapak Tjandra Lianto, Bapak Dany Buldansyah, Wakil CEO Hutchison 3 Indonesia (Tri), Anggota Wantiknas,  Bapak Garuda Sugardo, Ketua  KPPU,  Bapak M. Syarkawi Rauf,Bapak Nonot Harsono, Direktur Mastel Institute,  (ki-ka)

Tak dipungkiri bahwa sekarang ini sudah eranya digital, yang sudah merambah ke semua sektor. Tak terkecuali di bidang ekonomi, dimana pertumbuhan dan kekuatannya sangat membutuhkan dukungan dari beragam faktor. Satu di antaranya yang cukup siginifikan yakni industri telekomunikasi. Sinergi di industri telko dipastikan bakal memberikan kunci sukses pada ekonomi digital Indonesia.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara saat membuka seminar awal tahun yang digelar oleh Indonesia Teknologi Forum (ITF) bertema Indonesia Digital Economy Forecast 2017: Sinergi Pelaku Industri Telko Untuk Peningkatan Efisiensi dan Daya Saing Ekonomi Indonesia di Balai Kartini, Jakarta, Kamis, (19/01). "Selama ini kontribusi dari sektor komunikasi dan informasi menyumbang sekitar 4% dari GDP. Tahun depan mudah-mudahan akan semakin besar. Pada 2020 sekitar 10-12% digital economy akan disumbang oleh sektor digital baik device, network, aplikasi hingga penyiaran digital," ujar Rudiantara.

Rudiantara, Menkominfo (kanan)

Pada kesempatan yang sama, M.Rudy Salahuddin, Deputi IV Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, Daya Saing Koperasi dan UKM Kemenko Ekonomi menyebut bahwa untuk mencapai visi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi terbesar digital di Asia Tenggara 2020 fokusnya adalah pada penguatan pelaku usaha lokal, yang diantaranya dilakukan melalui UMKM Go Digital dan penguatan perusahaan pemula (start up).

Hal yang perlu diperhatikan lainnya yaitu penerapan Smart City, seperti diungkapkan oleh anggota Wantiknas (Dewan TIK Nasional) Garuda Sugardo. "Perlu ada standar yang disepakati dalam penerapan kota cerdas (di Indonesia)". Garuda pun menambahkan kalau dalam pengembangan ekonomi digital, diperlukan keberpihakan industri pada pengembangan infrastruktur dalam negeri.

Lee Kang Hyun

Sementara itu, dari sisi penyediaan peranti (device), Lee Kang Hyun, Vice President Samsung Indonesia mengatakan bahwa sinergi dari pemerintah selaku regulator, operator, dan penyedia ponsel seperti pihaknya harus berjalan dengan baik. "TKDN pada 4G mendorong penetrasi 4G hingga mencapai 72% di akhir tahun 2016. Jadi, artinya kini semakin banyak ponsel 4G yang berada di konsumen,” katanya. Pendapat itu diamini oleh Tjandra Lianto, Marketing Director Advan bahwa pihaknya terus menerus mencari insight dari konsumen untuk memproduksi ponsel sesuai kebutuhan konsumen. "Ekosistem digital harus diciptakan dengan citarasa lokal dan membumi," kata Tjandra.

Tjandra Lianto, Marketing Director Advan

Dari sisi kebijakan, menurut M.Syarkawi Rauf, Ketua KPPU, pihaknya menggarisbawahi bahwa di industri telekomunikasi tarif atau harga ke konsumen jadi sinyal apakah industri punya kecenderungan praktek-praktek bisnis yang melanggar aturan. “Concern kami saat ini yang harus diselesaikan adalah tarif interkoneksi, tarif off-net, frekuensi and network sharing,” ungkapnya. Tentang sinergi industri telekomunikasi ini, pendapat Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik adalah bagaimana mendorong PP 52 dan 53 segera disahkan karena tata kelola teknologi telekomunikasi saat ini tidak dapat didekati dengan aturan yang lama.

Seperti dikatakan Rudiantara bagaimana ekonomi digital benar-benar dapat memberi efek bagi kehidupan masyarakat seperti yang terjadi pada seorang porter di kaki Gunung Rinjani. Berkat internet dia bisa mengubah profesinya sebagai porter menjadi pemandu wisata lengkap dengan tawaran paket wisata. Penghasilannya dapat menjulang berkali lipat dan banyak orang mengikuti jejaknya menawarkan paket wisata. Pendeknya, ilustrasi itu menunjukkan dengan sinergi industri telekomunikasi –device, network dan application- maka masyarakat luas akan beroleh manfaat maksimal. Visi pemerintah dalam ekonomi digital pun akan mudah terwujud. (*/wr)

MataRakyat, Solusi Quick-Real-Count Pilkada DKI Jakarta

Posted: 19 Jan 2017 05:08 AM PST

Hendra Kendro, CEO inTouch Innovate Indonesia (kiri)

Berita soal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017 mendatang terus menyita perhatian masyarakat Indonesia. Tentunya hasil pilihan dari 7,1 juta warga DKI yang tersebar di 13.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun akan menjadi momen nasional yang ditunggu-tunggu masyarakat.

Untuk membantu memberikan informasi cepat soal hasil Pilkada DKI Jakarta nantinya, inTouch Innovate Indonesia menggandeng beberapa mitra seperti Microsoft Indonesia mengembangkan MataRakyat. Yakni aplikasi penghitungan suara yang dapat menginformasikan hasil penghitungan secara riil dan cepat (real and quick count), yakni sebatas beberapa menit setelah masing-masing TPS memperoleh suara akhir.

"Hasil resmi penghitungan suara akan disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam 12 hari setelah tanggal 15 Feb. Selama rentang waktu tersebut, sistem quick count yang mengambil sampling 2% dari total data real count biasanya masih menjadi andalan untuk memprediksi hasil Pilkada. Tahun ini, aplikasi MataRakyat yang memanfaatkan cloud service Microsoft Azure pun hadir untuk membantu memberikan hasil survei secara riil dan cepat dengan metode Crowd Participation oleh eSaksi relawan," ujar Hendra Kendro, CEO inTouch Innovate Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, (18/01).
 
eSaksi adalah relawan yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu yang menggunakan ponsel masing-masing untuk mengunggah hasil pemilihan ke server MataRakyat secara real time dari masing-masing TPS, yakni tepat ketika TPS ditutup dan Formulir Plano C1 ditandatangani para saksi.

"Penggunaan validasi eSaksi, GeoTagging, time-stampped, dan peer validation ini kami harapkan akan menjamin hasil MataRakyat yang lebih akurat, independen, dan akuntabel," jelas Dhana Galindra, Project Manager MataRakyat.

Sebagai informasi pula, selain melalui aplikasi mobile dan website MataRakyat, hasil Real Quick Count MataRakyat juga akan disiarkan secara langsung melalui MetroTV sebagai official media partner MataRakyat.

Keseluruhan proyek MataRakyat ini dikatakan dibangun dari hasil sumbangan relawan perorangan maupun korporasi. "Sesuai dengan slogan iVote, iCount, iShare, MataRakyat merupakan platform bagi rakyat yang peduli untuk ikut mengawal hasil pemilu yang demokratis dan transparan. Saya yakin hal ini akan menjadi tren cara rakyat Indonesia memantau hasil pemilu yang akan datang; termasuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang berskala nasional," pungkas Hendra Kendro.

{youtube}GX5iXpz-K7o{/youtube}

Bagi pengguna Android, aplikasi MataRakyat sudah bisa diunduh secara gratis di Google Play Store. (*/wr)

Lagi! OPPO Bocorkan Info Ponsel Terbarunya

Posted: 19 Jan 2017 04:08 AM PST

OPPO "Selfie Expert" Now Bigger

Beberapa waktu lalu telah diinfokan bahwa OPPO dalam waktu dekat ini akan melansir smartphone "Selfie Expert" baru, dimana salah satu spesifikasinya dikatakan 'Now Bigger' atau "Kini lebih besar". Namun sejauh ini belum jelas tentang maksud dari informasi tersebut.

Kini pihak OPPO kembali memperbaharui bocoran info ini. Ponsel "Selfie Expert" terbaru yang akan dihadirkan di kuartal pertama tahun 2017 ini didesuskan bakal memiliki kapasitas memori 192GB, yang tertera di bocoran info itu.

Angka 192GB tentu saja menimbulkan tanda tanya sekaligus prediksi. Ada kemungkinan kapasitas internalnya sebesar 192 GB atau perangkat ini pada dasarnya memiliki kapasitas penyimpanan 64GB atau 128 GB yang masih bisa diekspansi dengan kartu memori microSD.
 
Info lain dari bocoran yang ada yakni terkait dukungan sensor sidik jari, yang memiliki kecepatan unlock 0,22 detik. Pun dilengkapi baterai berkapasitas 30175mAh.

Sayang, OPPO belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait calon smartphone ini secara mendetail. Kita tunggu saja perkembangan info terbarunya nanti. (wr/wr)

Sumber: Oppo

Telah Hadir, Xiaomi Redmi Note 4 Versi Snapdragon 625

Posted: 19 Jan 2017 02:33 AM PST

Smartphone Xiaomi Redmi Note 4 telah cukup lama edar di pasaran. Namun, varian tersebut memiliki dukungan dapur pacu berupa chip Mediatek Helio X20. Dan kini, Xiaomi diktahui telah menghadirkan varian baru dari Redmi Note 4, dengan sokongan chip prosesor Qualcomm Snapdragon 625.

Selain sektor chipset, spesifikasi lainnya tercatat tidak banyak berbeda. Ponsel pintar ini masih mengadopsi layar berukuran 5,5 inci pada resolusi full HD (1080p) dan lapisan kaca 2.5D. Redmi Note 4 varian baru ini pun masih tetap berbalutkan bodi logam alumunium, dengan menggandeng baterai berkapasitas 4100 mAh. Pun kamera belakang 13 MP dilengkapi fitur Phase Detection Autofocus (PDAF) dan kamera depan 5 MP untuk akses selfie.  

Smartphone berteknologi jaringan 4G LTE ini pun dijejali kemampuan VoLTE (Voice over LTE), yang akan memberi keleluasaan pada pengguna untuk menikmati panggilan telpon via data secara jernih nan berkualitas.

Saat ini Xiaomi Redmi Note 4 versi chip Snapdragon 625 baru tersedia di pasar India. Banderolnya berkisar USD $146 (Rp.1,9 jutaan) untuk model RAM/ROM 2GB/16GB, USD $161 (Rp2,1 jutaan) untuk RAM 3GB/ROM 32GB dan seharga USD $190 (Rp2,5 jutaan) untuk RAM 4GB/ROM 64GB. (dn/wr)

Sumber: GSMArena

Resmi! Vivo V5 Plus Usung Dual Kamera Depan dan RAM 4GB

Posted: 19 Jan 2017 02:21 AM PST



Setelah informasi harganya bocor dan bakal dipastikan segera masuk pasar tanah air, Vivo Mobility akhirnya resmi memamerkan ponsel selfie terbaru berlabel Vivo V5 Plus.

Produk ini merupakan varian "Plus" dari model Vivo V5. Smartphone anyar ini dilengkapi kamera depan ganda, kombo 20 MP + 8 MP dan lampu flash yang disebut sebagai "Moonlight Glow". Ini berbeda dengan model Vivo V5 yang sekadar menyematkan kamera depan tunggal 20 MP. Kamera 20 MP dari Vivo V5 Plus disebutkan memakai sensor Sony IMX376 (F/2.0).

Vivo V5 Plus dibekali layar sentuh berdiagonal 5,5 inci pada resolusi full HD (1080p). Lebih tinggi kerapatannya dibandingkan pendahulunya yang sebatas beresolusi HD 720p. Tak hanya itu, lapisan kaca 2.5D dan perlindungan Corning Gorilla Glass 5 pun memperkuat performa tampilan smartphone ini.

Pada sisi dapur pacu ponsel ini membenamkan chip Qualcomm Snapdragon 652, yang mengusung prosesor octa-core 1,8GHz, RAM 4GB dan memori internal 64GB. Tentunya konfigurasi ini bakal menyuguhkan performa kinerja yang lebih prima.

Tertanam pula baterai berkapasitas 3160 mAh, sensor pemindai sidik jari, chip audio AK4376 untuk menghadirkan keluaran suara Hi-Fi yang diklaim mampu meredam bising hingga 115dB.

Vivo V5 Plus juga dilengkapi teknologi pengisian daya cepat, Quick Charge. Untuk tampilan antarmukanya dipasangkan sistem operasi Android 6.0 berbasis Funtouch OS 3.0.

Ponsel berbodi logam solid ini dikabarkan siap hadir dalam pilihan warna emas (Gold). Kemungkinan kedepannya akan dihadirkan opsi warna lain, seperti yang telah dilakukan Vivo untuk model Vivo V5 di pasaran Indonesia. Misalnya saja Rose Gold dan Space Grey. (dn/wr)

sumber GSMArena

HikVision Ramaikan Pasar CCTV di Indonesia

Posted: 19 Jan 2017 01:58 AM PST



HikVision merupakan perusahaan kamera CCTV asal Cina, yang sudah cukup popular akan kualitas produknya. Hari ini, Kamis, (19/01) Hikvision resmi memulai peruntungannya di pasar domestik Indonesia, dengan menghadirkan serangkaian produk terbaru yang dirancang bersama sekumpulan fitur canggih dan ramah lingkungan. Target pasarnya untuk kalangan industri sampai rumah tangga.

Sebagai informasi, hingga saat ini produk HikVision telah dipakai oleh konsumen di seluruh penjuru dunia, dimana digunakan pada beragam industri seperti ritel, perbankan, keuangan, transportasi, pendidikan, komersial, perumahan serta institusi pemerintah.

"Kami bangga dapat terus berinovasi dalam menciptakan dukungan teknologi yang canggih dan aman digunakan untuk membantu meningkatkan efektifitas serta kenyamanan lingkungan kerja di Indonesia," ujar Steven Wang, Country Manager Hikvision di sela-sela peluncuran di bilangan Kemayoran, Jakarta. "Dengan Standar riset dan pengembangan produk berkualitas dunia, Hikvision bertekad terus memperluas pasarnya di Indonesia," tambahnya.

Hikvision menawarkan produk CCTV dengan harga terjangkau. Juga telah disokong beragam fitur pendukung aktifitasnya seperti anti-karat, anti-ledakan dan fitur transmisi NVR, POE switch (300 meter), dan TVI (1200 meter) yang lebih panjang dibandingkan produk sejenis. Produk CCTV besutan Hikvision pun menghadirkan teknolagi codec H265+ yang diklaim mampu menghemat kapasitas penyimpanan (storage), meningkatkan kecepatan bandwith, serta produk kamera 4-in-1 dan DVR 5-in-1 yang kompatibel dengan format analog, TVI, AHD dan CVI.

Dalam pemasarannya, Hikvision menggandeng 5 distributor untuk mempercepat terwujudnya dunia industri di Indonesia yang lebih digital. "Kami melihat peluang dan potensi bisnis di Indonesia sangat besar. Di era digital yang tengah mewarnai perjalanan industri di Indonesia saat ini, tentunya diperlukan fondasi teknologi keamanan yang handal. Dengan bekal kerjasama tangguh yang kami miliki dengan kelima distributor resmi Hikvision di Indonesia, kami berkomitmen untuk memperkenalkan lebih banyak lagi produk-produk unggulan kami kepada pasar lokal," pungkas Steven.

Saat ini aneka produk Hikvision sudah bisa dibeli dari kelima distributor resmi Hikvision di Indonesia yakni PT Amazana Teknologi, PTI Group, PT Prima Inovasi Teknologi, PT Sejahtera Mandiri dan PT Star. Atau melalui pihak rekanan yang telah ditunjuk resmi olehnya. (dn/Wr)

Wow! Lumia 1020 Bisa Disulap Jadi Mikroskop Pengenal DNA

Posted: 19 Jan 2017 01:31 AM PST

Lumia 1020

Nokia Lumia 1020 dirilis Juli 2013, yang bisa dibilang sebagai salah satu ponsel legendaris pabrikan asal Finlandia itu. Ponsel ini diketahui masuk sebagai salah satu smartphone berfitur kamera terbaik yang dihadirkan di pasar global.

Meski usianya hampir menginjak 4 tahun sejak kali pertama dikenalkan, tapi semua pengguna Lumia 1020 tidak akan menampik bahwa kamera ponsel ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Kameranya beresolusi 41MP memakai sensor Carl Zeiss, dibekali fitur OIS, dan didukung LED flash Xenon yang memiliki kualitas sangat baik untuk menghasilkan foto yang detail meski dalam ukuran yang jumbo, semisal untuk poster dan banner. Maka tak heran jika setelah 4 tahun usianya kini, Nokia Lumia 1020  tetap menjadi salah satu smartphone kamera terbaik.

Kini berdasarkan lansiran Phone Arena, (19/01), Nokia Lumia 1020 dikabarkan bisa disulap menjadi mikroskop digital. Ada ilmuwan dari UCLA dan Swedia dilaporkan telah membangun mikroskop digital kompak yang memanfaatkan kamera di smartphone Lumia 1020 dengan dua LED flash. Dan dapat digunakan untuk mendiagnosa molekuler serta pengenalan DNA di laboratorium DNA terpadu.

Itu bisa menjadi sebuah pengembangan yang cukup penting. Karena tim ilmiah di balik proyek itu mengatakan bahwa mikroskop berbasis smartphone dengan fitur kamera bagus dapat memungkinkan dokter melakukan diagnosa secara kompleks dan lebih mudah di berbagai tempat tanpa memerlukan peralatan laboratorium khusus.

"Dengan berkembang pesatnya teknologi pencitraan, daya komputasi, dan konektivitas, maka smartphone  dapat membantu menerjemahkan pengukuran biomedis dari lingkungan laboratorium untuk berbagai keperluan medis, dan salah satunya adalah pengenalan DNA," tulis para peneliti dalam makalah mereka. (nrs/wr)

Sumber: Phone Arena

Tak Perlu Kuatir Internet Lambat Saat Main Google Search

Posted: 19 Jan 2017 12:24 AM PST

Google (ilustrasi)

Sudah diketahui bersama bahwa koneksi internet di beberapa daerah tidak sama. Kecepatan internet di perkotaan mayoritas lebih baik dibandingkan dengan di pedesaan, dimana di kampung kerap menjumpai kenyataan pahit jika kecepatan internet sangat lambat. Jangankan untuk unggah status di jejaring sosial atau pun unggah foto/video baru di Instagram, sekedar untuk browsing ke Google Search pun kerap gagal dan selalu muncul informasi "Offline".  

Nah, hal ini amat disadari oleh Google. Nah, melalui fitur terbaru di Google Search maka kedepannya tetap akan memungkinkan browsing asik meski berada di area koneksi internet yang payah, demikian dikutip dari Phone Arena, (19/01).  

Kemampuan baru di Google Search memungkinkan penggunanya yang berdomisili di lokasi internet yang tidak stabil bisa tetap nyaman melakukan pencarian. Google kini menemukan cara untuk pengguna platform Android, dimana sekarang Google Search menyimpan data kata kunci (keyword) pencarian yang  diketik di tab pencarian, lalu memprosesnya secara otomatis ketika ada sambungan tersedia. Jadi tidak perlu lagi menulis ulang lagi keyword pencarian saat kejadian internet lemot atau bahkan offline.

Google menegaskan bahwa tiap pengguna tak perlu kuatir akan fitur baru di Google Search ini, dikarenakan bekerja secara efektif. Juga tidak benar-benar mempengaruhi ketahanan baterai. Selama menggunakan koneksi mobile data, Google Search akan mengambil laman hasil pencarian secara efisien. (nrs/wr)

Sumber: Phone Arena

Ada Bug Audio di Pixel dan Pixel XL

Posted: 18 Jan 2017 11:48 PM PST

Google Pixel (ilustrasi)

Sejak dikenalkan ke publik pada Oktober tahun lalu, ponsel pintar perdana garapan Google yakni Pixel dan Pixel XL tidak sedikit menuai kritikan dan keluhan dari para penggunanya.

Beberapa bulan lalu banyak pengguna berkeluh soal kamera belakang Google Pixel, yang bermasalah saat diaktifkan karena memunculkan efek "Halo" dan garis berwarna merah muda yang sangat mengganggu. Belum terurai masalah itu, kini menyeruak masalah baru yang berkaitan akan kualitas audio di kedua smartphone tersebut.

Berdasarkan informasi yang beredar, ada cacat (bug) pada performa audio dari Google Pixel dan Pixel XL, dimana menyebabkan distorsi statis pada pengaturan volume tinggi. Pihak Google mengakui bahwa masalahnya ada pada perangkat keras yang berhubungan dengan audio. Bahkan ada pula pengguna yang mengungkapkan bahwa volume ponselnya tiba-tiba tak bekerja, bahkan ada yang tiba-tiba langsung menjadi volume setengah dari maksimal. Malahan ada yang sekali klik volume langsung ke level 115%, kekuatan volume audionya.

Satu-satunya jalan untuk menyelesaikan permasalahan itu tentunya dengan melakukan pembaharuan software. Dan Google tampaknya bakal melakukannya dalam waktu dekat ini.
 
Terkait masalah bug ini, banyak pihak berharap tidak akan sampai mempengruhi popularitas Google Pixel dan Pixel XL di pasar global. Hal ini mengingat keduanya merupakan dua perangkat Android yang masuk dalam kategori paling populer saat ini. Keduanya pun diketahui berhasil mencetak skor sangat tinggi di aplikasi AnTuTu, dengan capaian rata-rata 141.367 (Pixel XL), dimana menempati posisi angka tertinggi ke-9 di tahun 2016. (nrs/wr)

Sumber: Phone Arena

Sebentar Lagi, Aktifkan Cortana di Android Bisa di Mode Layar Terkunci

Posted: 18 Jan 2017 11:14 PM PST

Cortana Android, sumber: GSMArena

Desember 2016  lalu,  Microsoft mendesain ulang perangkat lunak  Cortana di yang dihadirkan di  platform OS Android dan iOS.  Dan sekarang, Microsoft   tengah menggarap  tambahan fitur baru yang besar yang dihadirkan  ke Cortana  yakni membawa  asisten virtual Microsoft tersebut  ke perangkat berbasis OS Android  dalam modus locked screen (layar terkunci).

Seperti dilansir dari GSMArena, saat ini  kabarnya Microsoft sedang melakukan serangkaian pengujian untuk menjadikan tiap penggunanya mendapatkan pengalaman yang  jauh lebih menyenangkan  dan lebih mudah saat menggunakan Cortana.

Anda  kini bisa menjadi salah satu penguji (tester)  beta untuk aplikasi tersebut sekarang, atau Anda bisa  memilih untuk menunggu hingga Microsoft merilis update resmi   Cortana dalam waktu dekat.

Jika Anda penasaran seperti apa  bentuk Cortana saat  setelah update dan diaktifkan di lock screen, kabarnya  fungsi ini akan langsung aktif saat Anda menekan ikon atau tombol tertentu dalam modus locked screen.  Logo Cortana selalu muncul di dekat bagian bawah dalam  modus layar terkunci.

Jika Anda menggesek ikon yang kiri atau kanan, panel Cortana akan terbuka, yang akan menampilkan update terbaru Cortana  dan memungkinkan Anda untuk langsung  berinteraksi dengan asisten virtual besutan Microsoft tersebut. Rupanya ini Sangat penting untuk dicatat bahwa Cortana di  modus layar terkunci tidak memerlukan ponsel yang dibuka untuk aktivasi.

Ini jelas bisa menjadi masalah bagi beberapa orang yang memiliki kekhawatiran akan privasi dan data pribadi pengguna, karena siapapun yang memiliki akses ke smartphone  Anda dapat mengakses data Anda dalam aplikasi Cortana, yang mungkin tidak Anda inginkan.(Nariswari)

Sumber: GSMArena
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...